Aplikasi Penentuan Lokasi untuk Usaha Lapangan Futsal di Kecamatan Bangil Menggunakan Metode Fuzzy Tsukamoto

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Muhammad Alfian Nuris Shobah Edy Santoso Sutrisno Sutrisno

Abstrak

Sistem ini dibuat dengan tujuan membantu memprediksi hasil usaha lapangan futsal di Kecamatan Bangil. Dalam membuka usaha lapangan futsal memiliki input pesaing, jumlah penduduk, fasilitas, ukuran lapangan. Dan sistem ini menghasilkan sebuah output stratifikasi peluang usaha, yaitu kelurahan yang cocok untuk membuka lapangan futsal. Sistem ini diproses dengan menggunakan logika fuzzy dengan penalaran metode Tsukamoto. Tujuan aplikasi yang dibuat dapat berfungsi sesuai dengan yang diharapkan yaitu mampu membantu menyelesaikan permasalahan yang timbul dan sulit untuk di pecahkan dikarenakan sebuah ketidakpastian yang sangat tipis perbedaannya. Dari data yang didapat akan dilakukan sebuah perhitungan fuzzy tsukamoto yang menghasilkan sebuah output untuk dapat memprediksi keadaan yang akan terjadi dari inputan-inputan yang mempengaruhi.Dari hasil pengujian sistem pengambilan keputusan penentuan lokasi yang tepat untuk membuka lapangan futsal di Kecematan Bangil dengan metode Tsukamoto terhadap 7 lapangan futsal beberapa lapangan sudah tepat memilih lokasi, akan tetapi sebagian masih belum.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Shobah, M., Santoso, E., & Sutrisno, S. Aplikasi Penentuan Lokasi untuk Usaha Lapangan Futsal di Kecamatan Bangil Menggunakan Metode Fuzzy Tsukamoto. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 2, no. 7, p. 2465-2470, sep. 2017. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/1613>. Tanggal Akses: 19 nov. 2017
Bagian
Artikel