Optimasi Penjadwalan Bimbingan Skripsi Menggunakan Algoritme Genetika (Studi Kasus : Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya)

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Lilis Damayanti Imam Cholisoddin Marji Marji

Abstrak

Bimbingan skripsi merupakan kegiatan yang harus dilakukan untuk mahasiswa yang sedang mengambil skripsi. Biasanya mahasiswa yang akan melakukan bimbingan akan menemui dosen pembimbing mereka ataupun menghubungi dosen tersebut pada jauh-jauh hari. dikarenakan dosen juga memiliki waktu untuk mengajar dan melakukan aktivitas yang lain yang berkaitan dengan kampus. Banyaknya jumlah mahasiswa yang ada di Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya (FILKOM UB) yang mana mereka ingin melakukan bimbingan membuat mahasiswa tersebut mengantri di depan ruangan dosen sedangkan dosen memiliki jadwal yang padat. Oleh karena itu dibutuhkan sistem untuk melakukan penjadwalan bimbingan skripsi. Penelitian ini menerapkan konsep solusi yang diperoleh menggunakan algoritme genetika. Algoritme genetika merupakan algoritme pencarian yang bertujuan untuk menemukan solusi yang optimal. Hasil parameter genetika yang diperoleh pada solusi optimal yaitu ukuran populasi 70, jumlah generasi sebesar 2500, kombinasi nilai cr dan mr yaitu 0,4 dan 0,6. Sistem yang dibangun ini menghasilkan jadwal bimbingan skripsi yang mendekati optimal dengan nilai fitness 1,0305.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Damayanti, L., Cholisoddin, I., & Marji, M. Optimasi Penjadwalan Bimbingan Skripsi Menggunakan Algoritme Genetika (Studi Kasus : Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 2, no. 9, p. 3370-3375, peb. 2018. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/2282>. Tanggal Akses: 26 mei 2020
Bagian
Artikel