Analisis Pengaruh Kepercayaan Dan Risiko Pengguna Dalam Niat Pembelian Online Di PT. XYZ Dengan Menggunakan UTAUT (Unified Theory Of Acceptance And Use Of Technology)

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Muhammad Iqbal Rofi'i Ari Kusyanti Himawat Aryadita

Abstrak

PT. XYZ merupakan situs e-commerce di Indonesia yang di dirikan oleh Hendrik Tio bersama teman – temannya pada tahun 1993 dengan nama PT. XYZ. Hingga saat ini terdapat banyak komplain yang di sampaikan oleh konsumen seperti berupa produk yang tidak sesuai dengan jumlah stok yang ada, penyalahgunaan promosi, respon yang lambat dalam menangani masalah konsumen, barang yang diterima tidak sesuai dengan di inginkan, harga yang lebih mahal dari situs lain, proses pengembalian uang yang lama dan lain-lain. Pada penelitian ini menggunakan model Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT) sebagai model utama dengan variabel behavioral intention, performance expectancy, effort expectancy, social influence, facilitating condition dan penambahan variabel perceived trust dan perceived risk. Variabel perceived trust dipengaruhi oleh perceived risk, perceived market orientation, dan perceived site quality. Sampel yang didapatkan sebanyak 122 yang mengacu pada rumus Hair. Kemudian analisis data pada penelitian ini menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel performance expectancy, facilitating condition, perceived trust dan perceived risk berpengaruh secara signifikan terhadap behavioral intention, kemudian variabel perceived market orientation dan perceived site quality berpengaruh secara signifikan terhadap perceived risk.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Rofi'i, M., Kusyanti, A., & Aryadita, H. Analisis Pengaruh Kepercayaan Dan Risiko Pengguna Dalam Niat Pembelian Online Di PT. XYZ Dengan Menggunakan UTAUT (Unified Theory Of Acceptance And Use Of Technology). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 2, no. 10, p. 3229-3306, peb. 2018. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/2474>. Tanggal Akses: 15 agu. 2018
Bagian
Artikel