Pembangunan Sistem Informasi Point Of Sales Terintegrasi Dalam Lingkup Rumah Makan Beserta Cabangnya (Studi Kasus: RM. Pecel Pincuk Bu Tinuk)

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Annisa Septiana Sani Fajar Pradana Denny Sagita Rusdianto

Abstrak

Dengan adanya TIK harus harus dapat dimanfaatkan sebaik mungkin karena dapat memberikan keuntungan yang lebih besar dalam kehidupan sehari-hari juga dalam mengembangkan bisnis bagi perusahaan dan yang berwirausaha. Pada penelitian ini mengambil studi kasus di Rumah Makan Pecel Pincuk Bu Tinuk yang memiliki kendala dalam menjalankan proses bisnisnya dan dalam mengumpulkan informasi berupa pendapatan, pengeluaran dan stok dari masing-masing outlet. Pemilik hanya dapat merekap penjualan produk dan penghasilan lewat cash register tape, menyebabkan pemilik harus melakukan sendiri pembukuan untuk merekap secara manual. Sedangkan pada proses bisnisnya terjadi ketidak-efisienan dalam segi pelemparan informasi makanan antara kasir dan pekerja dapur. Oleh karena itu pada penelitian bertujuan untuk membangun suatu sistem Point of sales yang terintegrasi antar tiap outletnya. Bertujuan agar pemilik dapat melihat informasi secara real time dan akurat tanpa harus membuat pembukuan yang memakan banyak waktu. Dengan tahap melakukan analisis kebutuhan sesuai dengan identifikasi masalah yang sudah digali lalu merancang dan mengimplementasi sistem. Pada tahap pengimplementasian, penulis menggunakan framework CodeIgniter yang menganut MVC (Model-View-Controller) dan bahasa javascript untuk menunjang web agar lebih atraktif. Pada sistem yang dibangun juga dilakukan pengujian fungsional whitebox dan blackbox serta pengujian non-fungsional agar sistem dapat dikatakan sudah berjalan dengan baik tanpa harus terjadi kesalahan yang akan muncul di kemudian hari. Hasil dari pengujian yang telah dilakukan menghasilkan tingkat keberhasilan 100%.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Sani, A., Pradana, F., & Rusdianto, D. Pembangunan Sistem Informasi Point Of Sales Terintegrasi Dalam Lingkup Rumah Makan Beserta Cabangnya (Studi Kasus: RM. Pecel Pincuk Bu Tinuk). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 2, no. 10, p. 3249-3257, peb. 2018. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/2598>. Tanggal Akses: 22 okt. 2018
Bagian
Artikel