Pengembangan Aplikasi Puskesmas Untuk Pasien Umum Menggunakan Pendekatan Web Semantik (Studi Kasus UPT Puskesmas Bareng Kota Malang)

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Gerry Giovanni Benson Bayu Priyambadha Djoko Purnomo

Abstrak

Puskesmas merupakan salah satu sarana yang bekerjasama dengan pemerintah dalam rangka pembangunan di bidang kesehatan. Pelayanan di Puskesmas Bareng yang berlokasi di Kecamatan Klojen Kelurahan Bareng Kota Malang dibagi menjadi dua jenis pasien yaitu jenis pasien BPJS dan jenis pasien Umum. Saat ini Puskesmas Bareng masih menggunakan mekanisme penyimpanan data manual untuk jenis pasien Umum. Hal ini menimbulkan berbagai kendala seperti kesulitan dalam mencari berkas pasien yang tersimpan di gudang arsip, berkas pasien dapat hilang atau rusak, terduplikasi, dan kesalahan manusia. Dari permasalahan tersebut, diperlukan suatu pengembangan sebuah aplikasi sistem informasi yang dapat menangani penyimpanan dan pengolahan data secara otomatis sehingga memudahkan kinerja dari petugas puskesmas. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode Waterfall System Development Life Cycle dan pendekatan web semantik. Sistem ini dibangun berbasis website menggunakan teknologi PHP, Apache Jena Fuseki, MySQL, dan Javascript. Penelitian ini menggunakan pengujian compatibility dengan hasil baik di peramban Mozilla Firefox dan Google Chrome kemudian pengujian white-box mendapatkan hasil 100% valid dari 9 kasus uji, pengujian black-box didapatkan hasil 100% valid dari 37 kasus uji dan pengujian recall pada semantik didapatkan hasil 100% dari 5 kasus uji dan pengujian precision didapatkan hasil 90% dari 5 kasus uji.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Benson, G., Priyambadha, B., & Purnomo, D. Pengembangan Aplikasi Puskesmas Untuk Pasien Umum Menggunakan Pendekatan Web Semantik (Studi Kasus UPT Puskesmas Bareng Kota Malang). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 2, no. 10, p. 3474-3482, peb. 2018. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/2643>. Tanggal Akses: 22 mei 2018
Bagian
Artikel