Optimasi Multiple Travelling Salesman Problem (M-TSP) Pada Penentuan Rute Optimal Penjemputan Penumpang Travel Menggunakan Algoritme Genetika.

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Pande Made Rai Raditya Candra Dewi

Abstrak

Antusias penumpang menggunakan jasa travel dapat dilihat dengan semakin banyaknya perusahaan-perusahaan travel yang mudah dijumpai di setiap kota. Kota Malang merupakan daerah yang penduduknya cukup padat dikarenakan jumlah mahasiswa yang banyak, begitu juga dengan mahasiswa yang berasal dari luar kota. Hal inilah yang membuat semakin banyaknya jasa travel di kota Malang. Penentuan rute optimal merupakan suatu masalah yang sangat penting untuk dipecahkan karena berpengaruh terhadap waktu dan biaya operasional kendaraan. Pada penelitian ini, optimasi penentuan rute optimal menggunakan lebih dari satu orang salesman dimana keberangkatan dimulai dari kantor travel menuju ke alamat penjemputan masing-masing penumpang. Permasalahan tersebut termasuk kedalam permasalahan Multi Travelling Salesman Problem (M-TSP) dan salah satu algoritme untuk menyelesaikan permasalahan M-TSP ialah dengan algoritme genetika. Pada permasalahan ini menggunakan representasi permutasi, proses reproduksi crossover dengan one cut point crossover, proses mutasi dengan exchange mutation, dan proses seleksi dengan elitism selection. Setelah melakukan uji coba dengan menggunakan 30 lokasi dan jumlah salesman sebanyak 6, di dapatkan hasil parameter yang paling optimal yaitu pada populasi dengan ukuran populasi 80, generasi sebesar 450, nilai cr sebesar 0.6 dan mr sebesar 0.4. Hasil dari program dengan parameter tersebut menghasilkan rata-rata nilai fitness terbaik yaitu 8.09338.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Raditya, P., & Dewi, C. Optimasi Multiple Travelling Salesman Problem (M-TSP) Pada Penentuan Rute Optimal Penjemputan Penumpang Travel Menggunakan Algoritme Genetika.. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 2, no. 10, p. 3560-3568, peb. 2018. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/2669>. Tanggal Akses: 22 peb. 2018
Bagian
Artikel