Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Pendidikan Dan Pelatihan (Diklat) Pendidik Dan Tenaga Kependidikan (Studi Kasus : LPMP Sulawesi Tenggara)

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Muhammad Ednan Fajri Gunadi Satrio Agung Wicaksono Fajar Pradana

Abstrak

Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Sulawesi Tenggara adalah unit pelaksana teknis yang mempunyai tugas melaksanakan penjaminan mutu pendidikan dasar dan pendidikan menengah di provinsi. Untuk melaksanakan tugas tersebut LPMP Sulawesi Tenggara melakukan kegiatan diklat yang dalam pelaksanaannya mendapatkan beberapa masalah. Masalah pertama adalah proses pendaftaran yang dilakukan secara manual sehingga terjadinya tumpukan antrian calon peserta. Masalah kedua, proses pengolahan data dilakukan secara terpusat sehingga membutuhkan waktu tambahan untuk melakukan pengolahan data. Masalah ketiga, penyebaran informasi yang dilakukan secara manual sehingga mempengaruhi kinerja panitia. Masalah keempat, penyerahan sertifikat peserta yang sering terjadi kehilangan atau terselip. Berdasarkan masalah-masalah tersebut, didapatkan solusi yaitu mengembangkan sistem informasi manajemen DIKLAT yang dikembangkan menggunakan metode prototype throw-away. Metode prototype throw-away dipilih karena dengan menggunakan metode tersebut dapat memahami kebutuhan pengguna pada tahap awal sehingga mengurangi resiko kegagalan sistem. Hasil dari penelitian ini, didapatkan 1 iterasi yang menghasilkan 34 kebutuhan fungsional, dan 1 kebutuhan non fungsional. Berdasarkan hasil pengujian validasi didapatkan bahwa seluruh fungsi dapat berjalan dengan baik dengan hasil status valid. Berdasarkan hasil pengujian compatibility didapatkan bahwa pada browser Safari versi 11 ke bawah, Opera versi 47, Google Chrome versi 61 dan IOS Sistem versi 11 ke bawah tidak ditemukan masalah apapun. Berdasarkan hasil pengujian UAT, didapatkan bahwa pada semua fungsi yang diujikan dapat diterima oleh pengguna.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Gunadi, M., Wicaksono, S., & Pradana, F. Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Pendidikan Dan Pelatihan (Diklat) Pendidik Dan Tenaga Kependidikan (Studi Kasus : LPMP Sulawesi Tenggara). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 2, no. 10, p. 3583-3592, peb. 2018. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/2676>. Tanggal Akses: 25 mei 2018
Bagian
Artikel