Evaluasi Pengalaman Pengguna Pada Aplikasi Mobile E-Commerce Di Indonesia Dengan Menggunakan UX Honeycomb

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Salma Mutiasanti Mahardeka Tri Ananta Hanifah Muslimah Az-Zahra

Abstrak

Aplikasi e-commerce adalah sebuah aplikasi mobile yang memudahkan pengguna dalam memenuhi kebutuhannya tanpa harus membeli secara fisik di toko. Beberapa isu pada aplikasi e-commerce yang menarik peneliti untuk melakukan studi mengenai user experience adalah mengenai isu keamanan transaksi, navigasi aplikasi, dan kecocokan konten atau gambar dengan representasi produk asli yang dijual. Pada penelitian ini telah dipelajari user experience dari aplikasi e-commerce yang banyak digunakan di Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja values yang ditawarkan oleh stakeholder. Konsep yang digunakan untuk evaluasi adalah ux honeycomb, yang terdiri dari tujuh aspek: accessible, credible, desireable, findable, usable, useful, dan valuable. Metodologi penelitian yang digunakan adalah dengan menganalisis proposed value yang diobservasi dari visi, misi, slogan, web official dan iklan pada sebuah e-commerce. Berdasarkan hasil analisis proposed value dilaporkan bahwa aplikasi Bukalapak, Lazada, Tokopedia, Zalora dan Matahari Mall memiliki keseluruhan values yang ada pada ux honeycomb.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Mutiasanti, S., Ananta, M., & Az-Zahra, H. Evaluasi Pengalaman Pengguna Pada Aplikasi Mobile E-Commerce Di Indonesia Dengan Menggunakan UX Honeycomb. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 2, no. 10, p. 3601-3608, peb. 2018. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/2684>. Tanggal Akses: 22 okt. 2018
Bagian
Artikel