Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Showroom Mobil (SISMOB) Dengan Pendekatan Berorientasi Objek (Studi Kasus: UD. Tomaru Oto)

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Muhammad Rheza Syafruddin Ismiarta Aknuranda Djoko Pramono

Abstrak

Tomaru Oto merupakan diler mobil yang telah berdiri sejak tahun 2000 berlokasi di Mamajang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan. UD. Tomaru Oto menjual mobil baik dalam keadaan baru maupun bekas. Dalam menjalankan bisnisnya pemilik dari UD. Tomaru Oto melakukan semua kegiatan bisnisnya secara manual, baik pencatatan data penjualan dan pembelian, pencarian data penjualan dan pembelian, dan dalam merekap data pemasukan dan pengeluaran. Berdasarkan permasalahan tersebut maka dibutuhkan sebuah sistem informasi showroom mobil (SISMOB). Membangun sistem informasi, dibutuhkan analisis persyaratan dan perancangan sistem, agar sistem yang diimplementasikan sesuai dengan kebutuhan pengguna. Tujuan  penelitian ini adalah memodelkan proses bisnis, menganalisis spesifikasi persyaratan dan perancangan sistem, serta melakukan evaluasi spesifikasi persyaratan dan rancangan antarmuka sistem. Penelitian ini menggunakan BPMN untuk memodelkan proses bisnis serta pendekatan berorientasi objek untuk analisis dan perancangan sistem. Evaluasi pada penelitian ini menggunakan tinjauan pada  use case, prototipe dan matriks kerunutan. Hasil dari penelitian ini berupa model proses bisnis saat ini dan usulan, fitur dan spesifikasi persyaratan sistem, model interaksi, model data dan antarmuka sistem serta hasil evaluasi. Hasil evaluasi menunjukan bahwa setiap persyaratan dapat dilacak ke dalam fitur, kebutuhan dan model diagram. Hasil tinjauan menunjukan bahwa alur pengguna sudah sesuai dengan alur pada spesifikasi use case.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Syafruddin, M., Aknuranda, I., & Pramono, D. Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Showroom Mobil (SISMOB) Dengan Pendekatan Berorientasi Objek (Studi Kasus: UD. Tomaru Oto). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 2, no. 10, p. 3681-3688, peb. 2018. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/2702>. Tanggal Akses: 22 okt. 2018
Bagian
Artikel