Evaluasi Kualitas Product Operation Pada Aspek Correctness, Reliability, Effiency, Integrity Dan Usability Untuk Website Lembaga Pendidikan (Studi Pada Website Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya)

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Tria Palupi Anggraini Admaja Dwi Herlambang Niken Hendrakusma Wardani

Abstrak

Website filkom.ub.ac.id adalah fasilitas yang disediakan oleh Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya sebagai media penyebaran informasi penting terkait informasi akademik maupun non akademik serta untuk memenuhi penilaian pada borang sehingga kualitas website harus diperhatikan untuk keakuratan dan kelengkapan informasi data yang dipublikasikan serta untuk mengetahui kemudahan pengoperasian website bagi pengguna. Untuk dapat mengetahui kualitas website, maka dilakukan penelitian berupa evaluasi kualitas website Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya menggunakan konsep product operation dengan aspek correctness, reliability, effiency, integrity, dan usability. Rancangan penelitian ini menggunakan deskriptif dan teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah kuisioner dengan jumlah 98 responden. Pada analisis deskriptif diperoleh hasil rata-rata variabel correctness sebesar 82,98% dengan kategori baik, variabel reliability sebesar 81,05% dengan kategori baik, variabel effiency sebesar 73,00% dengan kategori baik,variabel integrity sebesar 82,63% dengan kategori baik, dan variabel usability sebesar 83,57% dengan kategori baik pada indikator communicativenes dan operability, sedangkan pada indikator training pada task T2,T3, dan T4 memiliki skor effectiveness 100% dan efficiency sebesar 100% sedangkan untuk effectiveness T1 mendapatkan skor 95% dan efficiency 84%. Dari rata-rata T1,T2,T3, dan T4 diperoleh kategori sangat baik untuk effectiveness dan kategori sangat baik untuk efficiency.


Kata kunci: product operation, correctness, reliability, effiency, integrity,  usability

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Anggraini, T., Herlambang, A., & Wardani, N. Evaluasi Kualitas Product Operation Pada Aspek Correctness, Reliability, Effiency, Integrity Dan Usability Untuk Website Lembaga Pendidikan (Studi Pada Website Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 2, no. 10, p. 3703-3712, peb. 2018. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/2707>. Tanggal Akses: 25 mei 2018
Bagian
Artikel