Pembangunan Sistem Pemetaan Berbasis Web-Gis Untuk Analisis Potensi Usaha Di Kabupaten Malang Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) (Studi Kasus: Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Malang)

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Ihwan Latif Denny Sagita Rusdianto Achmad Arwan

Abstrak

Pemilihan lokasi tempat usaha yang strategis akan mempengaruhi kesuksesan dari kegiatan usaha yang akan dilaksanakan. Sedangkan dalam menentukan potensi usaha yang tepat seringkali mengalami hambatan dalam pencarian lokasi. Permasalahan di atas terjadi di Kabupaten Malang, dalam menentukan daerah yang berpotensi usaha masyarakat atau investor kurang mempertimbangkan lokasi-lokasi yang tepat dan menguntungkan dari sumber daya lahan yang ada. Misalnya masyarakat atau investor saat ini belum bisa mendapatkan informasi mengenai pemetaan potensi usaha secara digital (data spasial) yang mampu menyelesaikan permasalahan tersebut. Untuk memecahkan masalah di atas, dibutuhkan sistem yang dapat menyediakan informasi geografis sekaligus melakukan analisis dalam pengambilan keputusan mengenai rekomendasi lokasi yang berpotensi usaha. Informasi tersebut dapat diwujudkan dengan memanfaatkan teknologi Geographichs Information System (GIS) dan metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Sistem telah berhasil diuji dengan metode white-box testing sebagai pengujian unit yang menghasilkan 6 jalur dari Klas Analisis Kriteria, 6 jalur dari Klas Analisis Alternatif, dan 14 jalur dari Klas Ranking. Sedangkan metode black-box testing digunakan untuk pengujian validasi dan hasilnya sangat baik 100% (valid).

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Latif, I., Rusdianto, D., & Arwan, A. Pembangunan Sistem Pemetaan Berbasis Web-Gis Untuk Analisis Potensi Usaha Di Kabupaten Malang Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) (Studi Kasus: Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Malang). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 2, no. 10, p. 3759-3766, peb. 2018. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/2728>. Tanggal Akses: 25 mei 2018
Bagian
Artikel