Pengembangan Game Edukasi Pengenalan Makanan Sehat Menggunakan Kinect

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Iqbal Firmansyah Muhammad Aminul Akbar Tri Afirianto

Abstrak

Makanan sehat adalah makanan yang higienis serta mengandung zat gizi seimbang yang dibutuhkan oleh tubuh. Pada tahun 2013 tingkat gizi buruk secara nasional pada anak umur 5-12 tahun masih tergolong tinggi yaitu prevalensi kurus 11,2 persen, prevalensi pendek 30,7 persen, dan prevalensi gemuk 18,8 persen. Perlunya pengenalan makanan sehat sebagai langkah untuk mengurangi tingkat gizi buruk. Metode pengenalan dilakukan dengan pembelajaran melalui game edukasi sehingga proses pembelajaran lebih menyenangkan dan mendapatkan hasil yang lebih efektif. Game yang akan dibuat berjudul “Makanan Sehat” yang akan mengenalkan anak-anak tentang dasar makanan sehat sesuai panduan “Pedoman Gizi Seimbang (PGS)” dengan metode pembelajaran berbasis kinect pada platform PC (Personal Computer). Pedoman gizi seimbang merupakan panduan untuk hidup sehat termasuk aturan konsumsi makanan yang baik yang merupakan peningkatan dari slogan “4 sehat 5 sempurna”. Pengujian game dilakukan kepada 10 orang anak rentang umur 5-12 tahun dengan metode fun testing. Fun testing untuk menguji tingkat kesenangan dalam bermain game, yang didapatkan hasil berupa 10 responden setuju penggunaan kinect berdampak pada kesenangan bermain game.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Firmansyah, I., Akbar, M., & Afirianto, T. Pengembangan Game Edukasi Pengenalan Makanan Sehat Menggunakan Kinect. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 2, no. 10, p. 3817-3826, peb. 2018. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/2741>. Tanggal Akses: 22 peb. 2018
Bagian
Artikel