Evaluasi Kualitas Website Dengan Webqual Dan Importance-Performance Analysis (Studi Pada Website Perusahaan Daerah Air Minum Surya Sembada Surabaya)

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Fajar Ramadhan Haikal Admaja Dwi Herlambang Niken Hendrakusma Wardani

Abstrak

Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Surya Sembada Surabaya menggunakan teknologi website sebagai layanan pelanggan untuk pengaduan atau pemasangan air dan informasi tagihan penggunaan air. Sampai saat ini website PDAM Surya Sembada Surabaya belum pernah dilakukan evaluasi sehingga pihak penyedia website tidak mengetahui apakah website tersebut sudah memenuhi harapan pengguna. Penelitian ini menggunakan metode WebQual yang membentuk tiga fokus utama variabel yaitu usability, information quality, dan service interaction untuk menilai kualitas situs dari sisi pengguna. Kemudian metode Importance Performance Anaysis (IPA) untuk mengukur kualitas produk atau jasa berdasarkan sudut pandang pengguna. Pengumpulan data didapatkan dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 responden. Teknik pengambilan sample yang digunakan adalah convenience sampling. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif. Hasil dalam penelitian ini adalah indikator-indikator dari metode WebQual yang memerlukan rekomendasi berdasarkan analisis kuadran IPA pada low priority. Pada variabel usability indikator yang memerlukan rekomendasi adalah mudah ditelusuri, menarik, dan desain. Pada variabel information quality tidak ada indikator yang memerlukan rekomendasi. Pada variabel service interaction indikator yang memerlukan rekomendasi adalah reputasi baik, personalisasi, dan komunitas.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Haikal, F., Herlambang, A., & Wardani, N. Evaluasi Kualitas Website Dengan Webqual Dan Importance-Performance Analysis (Studi Pada Website Perusahaan Daerah Air Minum Surya Sembada Surabaya). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 2, no. 10, p. 3783-3792, peb. 2018. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/2757>. Tanggal Akses: 22 mei 2018
Bagian
Artikel