Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Penerima Bantuan Keluarga Miskin Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process – Technique For Order Of Preference By Similarity To Ideal Solution (AHP - TOPSIS)

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Akbar Aditya Maulana Nurul Hidayat Suprapto Suprapto

Abstrak

Pertumbuhan ekonomi ialah salah satu faktor utama dimana suatu negara dapat dikatakan maju atau berkembang. Berbagai cara dilakukan oleh pemerintah Indonesia untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Indonesia, salah satunya adalah dengan menekan angka kemiskinan di wilayah Indonesia. Wilayah Indonesia yang memiliki tingkat kemiskinan yang cukup besar terdapat pada provinsi Jawa Timur, terutama Kabupaten Situbondo. Banyak cara yang dilakukan oleh pemerintah Situbondo untuk menanggulangi angka kemiskinan, terutama dengan memberikan dana yang diperuntukkan untuk warga miskin. Akan tetapi pemberian dana tersebut kurang tepat sasaran dikarenakan masih ada warga yang tergolong mampu, masih mendapatkan bantuan keluarga miskin tersebut. Maka dari itu dibutukan sebuah sistem pendukung keputusan, guna membantu pemerintah Situbondo memberikan rekomendasi calon penerima bantuan. Dengan menggunakan metode AHP- TOPSIS mungkin akan dijadikan sebagai aplikasi android dengan memeiliki 6 kriteria sebagai prioritas guna mendapatkan akurasi. Kemudian dengan metode TOPSIS yang digunakan untuk mencari nilai dari preferensi untuk perangkingan. Dalam penelitian ini dilakukan sebuah pengujian  untuk mengetahui nilai dari akurasi pada metode TOPSIS, dan didapatkanlah nilai akurasi yang mencapai 80%.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Maulana, A., Hidayat, N., & Suprapto, S. Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Penerima Bantuan Keluarga Miskin Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process – Technique For Order Of Preference By Similarity To Ideal Solution (AHP - TOPSIS). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 2, no. 10, p. 3890-3898, peb. 2018. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/2787>. Tanggal Akses: 25 mei 2018
Bagian
Artikel