Implementasi Low Power pada Sistem Notifikasi untuk Gamer yang Bermain Intense Berbasis Embedded System

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Irfan Pratomo Putra Dahnial Syauqi Wijaya Kurniawan

Abstrak

Di Indonesia, game telah menjadi permainan yang disukai masyarakat. Baik dari kalangan orang dewasa, remaja, hingga anak-anak. Indonesia memiliki jumlah pemain game sebesar 43,7 juta dan 26% darinya adalah masyarakat usia 21 sampai 35 tahun, ditambah 21%-nya adalah masyarakat usia 10 sampai 20 tahun. Jika bermain terlalu lama ini dapat mengakibatkan suatu masalah terutama pada kesehatan mereka. Bermain game terlalu lama dapat mengakibatkan mata terasa perih, dan selain itu dapat membuat kepala pusing yang diakibatkan kurangnya pencahayaan ruangan. Selain masalah game juga ada permasalahan lain yaitu permasalahan sumber daya yang digunakan. Oleh karena itu, terdapat sistem yang akan memberikan notifikasi ketika gamer bermain secara tidak sehat. Diharapkan mereka dapat bermain di tempat yang cukup pencahayaan, bermain dalam jarak yang aman dari monitor dan mencegah mereka bermain terlalu lama. Sistem ini nantinya akan aktif terus menerus sehingga diperlukanlan metode lowpower untuk menekan penggunaan sumber daya, arus, dan sistem dapat aktif selama mungkin. Arus yang digunakan sistem setelah dilakukan pengujian adalah 3,8 mA dalam keadaan sleep dan saat normalnya sebesar 169,9 mA. Selain pengujian arus, diuji juga bagaimana tingkat akurasi sensor dan didapatkanlah tingkat akurasi sensor jarak sebesar 98,07% dan tingkat akurasi sensor LDR sebesar 96,42%

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Putra, I., Syauqi, D., & Kurniawan, W. Implementasi Low Power pada Sistem Notifikasi untuk Gamer yang Bermain Intense Berbasis Embedded System. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 2, no. 11, p. 5131-5138, juli 2018. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/3209>. Tanggal Akses: 30 mar. 2020
Bagian
Artikel