Optimasi Travelling Salesman Problem Pada Angkutan Sekolah Menggunakan Algoritme Genetika (Studi Kasus : Sekolah MI Salafiyah Kasim Blitar)

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Ivarianti Sihaloho Imam Cholisoddin Tibyani Tibyani

Abstrak

Berbagai aspek dalam kehidupan masyarakat saat ini berkembang pesat karena adanya teknologi informasi. Hal ini termasuk pada peningkatan kualitas, layanan yang disediakan oleh pihak sekolah bagi para siswa. Layanan yang disediakan oleh pihak sekolah yaitu angkutan bus sekolah. Angkutan sekolah merupakan fasilitas yang sangat penting bagi orang tua siswa yang sedang sibuk untuk menjemput anaknya di sekolah. Hal ini menjadi salah satu alasan bagi sekolah Madrasah Ibtidaiyah (MI) Salafiyah untuk meningkatkan kualitas layanan angkutan sekolah dengan melakukan optimasi rute sehingga pengantaran siswa dapat dilakukan lebih baik. Optimasi dilakukan dengan membangun sebuah sistem yang menggunakan perhitungan jarak dengan Travelling Salesman Problem (TSP) dan metode algoritme genetika. Pengantaran siswa pada sekolah MI Salafiyah Kasim dibagi menjadi dua kloter yaitu kloter pagi dan kloter siang. Pada penelitian ini, data yang digunakan berupa data aktual dan data sampel yang diambil selama 3 hari. Data ini kemudian akan dibandingkan untuk mengetahui berapa hasil selisih yang diperoleh dari proses optimasi pada sistem. Berdasarkan data tersebut didapatkan hasil optimasi pada kloter pagi sebesar 5,5 km (19,78%) dan pada kloter siang sebesar 17,17 km (36,30%). Dapat disimpulkan bahwa sistem ini sudah berjalan dengan baik dengan menghasilkan nilai optimal yang baik.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Sihaloho, I., Cholisoddin, I., & Tibyani, T. Optimasi Travelling Salesman Problem Pada Angkutan Sekolah Menggunakan Algoritme Genetika (Studi Kasus : Sekolah MI Salafiyah Kasim Blitar). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 3, no. 1, p. 454-461, agu. 2018. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/4137>. Tanggal Akses: 26 mei 2020
Bagian
Artikel