Rekomendasi Pemilihan Burung Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW) dan Technique Order Preference by Similarity To Ideal Solution (TOPSIS)

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Rizal Rudiantoro Imam Cholisoddin Ratih Kartika Dewi

Abstrak

Burung yang bersuara merdu banyak diminati bagi sekelompok pencinta hewan, bagi sekelompok pencinta burung harga burung bisa mencapai harga yang mahal untuk satu jenis burung yang memiliki suara merdu. Banyak penjual burung berkicau yang ada di media sosial yang memasarkan bermacam-macam jenis burung berkicau mereka untuk mendapatkan jenis burung yang diinginkan. Masyrakat di Indonesia sudah banyak berpindah dalam pembelian burung ke media yang lebih mudah dibandingkan harus ke pasar burung, yaitu media sosial yang diungkapkan lebih mudah saat mencari jenis dan harganya bisa dikondisikan. Dalam penerapan rekomendasi pemilihan burung berkicau dibutuhkan sebuah metode yang dapat mengatasi masalah pemilihan burung terbaik agar keputusan tersebut tepat dan akurat sehingga menggunakan metode Simple Additive Weighting (SAW) dan Technique Order Prefence by Similarity To Ideal Solution (TOPSIS) dalam penyelesaiannya. Dari hasil pengujian menggunakan korelasi Spearman didapatkan hasil dari beberapa jenis burung dengan hasil yang signifikan yang diperoleh jenis burung love bird hijau: 6,34, cucak hijau: 4,92, kacer: 5,80 nilai yang digunakan α=1,96. Hasil akhir dari sistem ini adalah merekomendasi berdasarkan nila preferensi tertinggi dan nilai preferensi tertinggi dijadikan peringkat terbaik.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Rudiantoro, R., Cholisoddin, I., & Dewi, R. Rekomendasi Pemilihan Burung Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW) dan Technique Order Preference by Similarity To Ideal Solution (TOPSIS). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 3, no. 2, p. 1349-1355, nov. 2018. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/4365>. Tanggal Akses: 26 mei 2020
Bagian
Artikel