Pengembangan Sistem Pengelolaan Acara dengan Pendekatan Gamification

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Ericko Wicaksono Bayu Priyambadha Fajar Pradana

Abstrak

Acara saat ini sangat sering dilakukan dalam durasi, dan lingkup yang berbeda. Oleh karena itu, pengelolaan acara sangat penting dilakukan. Pengelolaan acara yang telah ada saat ini masih belum baik dikarenakan belum dipakainya teknologi. Masalah tersebut menimbulkan dampak pada kurangnya minat dari pelaku pengelolaan acara. Selain itu, penambahan minat dan semangat dari pengelola acara sangat diperlukan. Maka untuk menambah minat, dan semangat dari pengelolaan acara dilakukan pendekatan berupa gamification dalam pengelolaan acara tersebut. Gamification memiliki beberapa elemen seperti sistem badge, quest, voting, peringkat, dan penghargaan. Oleh karena itu dilakukan pembuatan aplikasi pengelolaan acara dengan pendekatan gamification yang bebasis website untuk memudahkan dalam melakukan pengelolaan acara. Aplikasi dibuat dengan menggunakan framework Springboot dan Vue. Hasil dari penelitian ini terdapat tiga aktor, tiga puluh tujuh kebutuhan fungsional dan satu kebutuhan non fungsional. Serta hasil pengujian yang teruji valid.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Wicaksono, E., Priyambadha, B., & Pradana, F. Pengembangan Sistem Pengelolaan Acara dengan Pendekatan Gamification. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 3, no. 3, p. 2243-2250, jan. 2019. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/4628>. Tanggal Akses: 17 agu. 2019
Bagian
Artikel