Pembangunan Sistem Informasi Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Berbasis Android (Studi Pada Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya)

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Rizky Wahyu Setiawan Satrio Agung Wicaksono Admaja Dwi Herlambang

Abstrak

Kompetensi pedagogik merupakan syarat utama yang harus dimliki oleh seorang tenaga pengajar. Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi, Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya mewajibkan mahasiswanya untuk melakukan kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), untuk membekali lulusannya menjadi seorang tenaga pengajar yang memiliki kompetensi pedagogik. Didalam kegiatan PPL terdapat fase Pendaftaran PPL, Pelaksanaan PPL I, Pelaksanaan PPL II, dan Pelaporan PPL. Kegiatan PPL di lingkungan Fakultas Ilmu Komputer saat ini belum terdapat sistem informasi yang mendukung jalannya kegiatan PPL. Sehingga aktivitas pengurusan tahapan PPL menjadi kurang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk membuat sistem informasi yang mampu membantu proses pengurusan kegiatan PPL bagi semua pihak terkait. Sistem yang dibuat memiliki fitur pendaftaran PPL bagi mahasiswa, pencatatan logbook bagi mahasiswa, persetujuan logbook bagi guru pamong, dan penilaian PPL bagi guru pamong. Dalam pengembangannya sistem dibangun diatas platform Android untuk meningkatkan portabilitas dan aksesibilitas pengguna. Metode pengembangan sistem yang digunakan adalah extreme programming. Kemudian sistem akan diuji dengan menggunakan metode Black Box Testing dan metode Mobile (Android Platform) Compatibility Testing. Hasilnya menunjukkan bahwa sistem 100% valid dan 100% kompatibel.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Setiawan, R., Wicaksono, S., & Herlambang, A. Pembangunan Sistem Informasi Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Berbasis Android (Studi Pada Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 3, no. 3, p. 2276-2285, jan. 2019. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/4639>. Tanggal Akses: 20 okt. 2019
Bagian
Artikel