Perbaikan Proses Bisnis Pembangunan Base Transceiver Station (BTS) Menggunakan Business Process Improvement (Studi Kasus: Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi KOMINFO)

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Salsabilla Syafta Ismiarta Aknuranda Nanang Yudi Setiawan

Abstrak

BAKTI KOMINFO merupakan suatu organisasi yang bergerak di bidang telekomunikasi dan informasi. Organisasi ini memiliki beberapa program prioritas yang bertujuan untuk memberikan akses yang lebih luas terhadap daerah 3T yaitu daerah Terpencil, Terluar, Tertinggal. Salah satu program prioritasnya adalah pembangunan Base Transceiver Station (BTS) yang berada di bawah naungan Direktorat Infrastruktur. Dalam pelaksanaannya, terdapat kendala yang cukup sering ditemukan, yaitu miskomunikasi antar pihak yang terlibat. Maka dari itu diperlukan adanya analisis dan evaluasi terhadap proses bisnis untuk menemukan akar permasalahan serta membuat rekomendasi perbaikan proses bisnis untuk memaksimalkan jalannya proses bisnis. Pada penelitian ini digunakan notasi Business Process Model and Notation (BPMN) untuk melakukan pemodelan proses bisnis, metode Five Whys Analysis untuk mengevaluasi proses bisnis, dan metode Business Process Improvement (BPI) untuk melakukan perbaikan proses bisnis. Berdasarkan hasil simulasi yang dilakukan terhadap proses bisnis yang berjalan saat ini dan proses bisnis rekomendasi perbaikan, ditemukan percepatan durasi hingga 17.54% pada proses bisnis Pembangunan BTS dan 34.67% pada proses bisnis Pengadaan (e-Purchasing). Proses bisnis rekomendasi perbaikan juga dapat meminimalisasi timbulnya permasalahan, sehingga dapat disimpulkan bahwa proses bisnis rekomendasi perbaikan dapat membuat jalannya proses bisnis yang berjalan saat ini menjadi lebih baik.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Syafta, S., Aknuranda, I., & Setiawan, N. Perbaikan Proses Bisnis Pembangunan Base Transceiver Station (BTS) Menggunakan Business Process Improvement (Studi Kasus: Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi KOMINFO). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 3, no. 3, p. 2499-2506, jan. 2019. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/4696>. Tanggal Akses: 18 agu. 2019
Bagian
Artikel