Implementasi Arsitektur Publish And Subscribe Pada Alat Monitoring Suhu Dan Kelembaban Kandang Ular Python Regius Menggunakan NodeMCU (ESP8266)

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Habib Zainal Sarif Mochammad Hannats Hanafi Ichsan Rizal Maulana

Abstrak

Kondisi iklim di kota Malang yang cukup dingin dan sedikit lembab membuat beberapa hewan peliharaan yang kita miliki menjadi rentan terhadap serangan penyakit, terutama pada hewan reptil khusunya ular piton regius atau yang biasa dikenal dengan sebutan piton bola. Selain dipengaruhi hormon pada ular piton dewasa, menurunnya nafsu makan ular juga dapat dipengaruhi oleh suhu dan kelembaban disekitar kandang ular tersebut. Untuk suhu dan kelembaban yang ideal untuk ular ini pada siang hari berkisar antara 27-29°C dan untuk malam harinya suhu idealnya adalah 23-24°C. Sedangkan untuk kelembaban yang baik untuk ular ini berkisar antara 50-60%. Walaupun sudah banyak dipasaran alat untuk mengukur suhu dan kelembaban suatu ruangan akan tetapi peternak masih membutuhkan suatu alat yang mampu dimobilisasikan sehingga mampu mengawasi keadaan kandang walaupun tidak berada di kandang. Berdasarkan masalah tersebut dibuatkan sistem monitoring kandang ular menggunakan arsitektur Publish and Subscribe. Dimana sistem ini didukung dengan sebuah protokol komunikasi MQTT dan akan ditampilkan pada sebuah aplikasi Android. Pada penelitian ini menggunakan 3 parameter yaitu suhu dan kelembaban dari pembacaan sensor DHT11 dan waktu secara berkala dari RTC DS3231, sebagai hasil keluaran berupa tampilan pada LCD dan juga pada aplikasi Android. Untuk arsitektur publish and subscribe sendiri dipilih karena memiliki kecepatan dan penggunaan daya yang lebih rendah. Sehingga akan menciptakan suatu lingkungan yang baik untuk kehidupan ular itu sendiri.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Sarif, H., Ichsan, M., & Maulana, R. Implementasi Arsitektur Publish And Subscribe Pada Alat Monitoring Suhu Dan Kelembaban Kandang Ular Python Regius Menggunakan NodeMCU (ESP8266). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 3, no. 3, p. 2525-2532, jan. 2019. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/4706>. Tanggal Akses: 23 agu. 2019
Bagian
Artikel