Pembangunan Sistem Pengelolaan Pendistribusian Dana Bantuan Sekolah (Studi Kasus: Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kota Serang)

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Birald Muhammad Dayan Bayu Priyambadha Denny Sagita Rusdianto

Abstrak

Kualitas pendidikan adalah hal yang harus diperhatikan dalam dunia pendidikan, untuk meningkatkan kualitas pendidikan, seluruh satuan pendidikan wajib memiliki sarana dan prasarana sesuai standar. Pada sekolah – sekolah di kota Serang terdapat permasalahan tentang sarana dan prasarana yaitu dalam pengelolaan dana bantuan sarana dan prasarana sekolah. Masalah yang pertama adalah beberapa sekolah merasa kesulitan dalah mengajukan dana bantuan operasional sekolah dikarenakan prosesnya panjang dan rumit. Masalah yang kedua adalah beberapa sekolah juga kesulitan untuk mengajukan proposal pengajuan dana bantuan sarana dan prasarana sekolah dikarenakan jarak sekolah terlalu jauh dari kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Serang. Masalah yang ketiga adalah kurang tepatnya alur dana distribusi, masih banyak sekolah yang harus segera dibantu tapi tidak tertutupi semua dikarenakan pengajuan dana bantuan sekolah diberikan kepada sekolah yang mengajukan dana bantuan sarana dan prasarana sekolah terlebih dahulu, bukan sekolah yang keadaannya butuh dibantu terlebih dahulu. Untuk menyelesaikan permasalahan tersebut dilakukan penelitian yang dimaksudkan untuk membangun sistem yang mampu untuk mempermudah dalam pengajuan bantuan sarana dan prasarana sekolah dan dapat memprioritaskan sekolah yang harus dibantu terlebih dahulu. Sistem ini diharapkan mampu mengatasi masalah – masalah yang ada dan membantu meningkatkan efisiensi kerja Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Serang. Sistem ini telah melewati pengujian unit dengan menggunakan whitebox testing, pengujian validasi dengan menggunakan blackbox testing yang menghasilkan nilai 100% valid, dan pengujian kesesuaian (compatibility) dimana hasilnya sistem dapat berjalan pada 8 browser berbeda.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Dayan, B., Priyambadha, B., & Rusdianto, D. Pembangunan Sistem Pengelolaan Pendistribusian Dana Bantuan Sekolah (Studi Kasus: Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kota Serang). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 3, no. 3, p. 2295-2301, jan. 2019. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/4709>. Tanggal Akses: 20 okt. 2019
Bagian
Artikel