Pengembangan Aplikasi Perangkat Bergerak Berbasis Android Untuk Survei Kepuasan Masyarakat Dengan Metode Mobile-D (Studi Kasus : RSUD Ngudi Waluyo Wlingi Kabupaten Blitar)

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Martantio Wicaksono Agi Putra Kharisma Lutfi Fanani

Abstrak

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ngudi Waluyo Wlingi merupakan salah satu tempat pelayanan kesehatan masyarakat yang sangat memerlukan adanya penilaian dari masyarakat terkait kualitas pelayanan yang ada di instani tersebut. Sejauh ini RSUD Ngudi Waluyo Wlingi sudah melakukan pengambilan data Survei Kepuasan Masyarakat dengan menyebar angket kuesioner sebagai upaya untuk mendapatkan penilaian dari masyarakat terkait kualitas pelayanan yang ada. Namun penggunaan angket kuesioner tersebut dirasa kurang efektif dan efisien dari segi proses pengambilan dan pengolahan data. Oleh karena itu dalam penelitian ini penulis telah berkoordinasi dengan pihak RSUD untuk menggagas sebuah Aplikasi Perangkat Bergerak Berbasis Android Untuk Survei Kepuasan Masyarakat. Aplikasi ini dirancang menggunakan metode Mobile-D dan diimplementasikan dengan bahasa pemrograman java, memanfaatkan server lokal dengan basis data MySQL serta menggunakan IDE android studio. Pada pengujian sistem aplikasi ini menggunakan metode pengujian validasi, kompatibilitas, dan usabilitas. Berdasarkan hasil perancangan pada penelitian  ini didapatkan enam belas kebutuhan fungsional dan tiga kebutuhan non-fungsional. Berdasarkan hasil pengujian validasi dapat disimpulkan bahwa seluruh kebutuhan fungsional dan non fungsional pada aplikasi survei kepuasan masyarakat ini berstatus valid, berdasarkan hasil pengujian usabilitas didapatkan rata-rat skor SUS(System Usability Scale) adalah 70,9375 yang berarti bahwa aplikasi mudah digunakan, dan pada hasil pengujian kompatibilitas seluruhnya berstatus sukses  yang berarti bahwa aplikasi dapat dijalankan dibeberapa perangkat mobile dengan tipe dan level API yang berbeda.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Wicaksono, M., Kharisma, A., & Fanani, L. Pengembangan Aplikasi Perangkat Bergerak Berbasis Android Untuk Survei Kepuasan Masyarakat Dengan Metode Mobile-D (Studi Kasus : RSUD Ngudi Waluyo Wlingi Kabupaten Blitar). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 3, no. 3, p. 2312-2319, jan. 2019. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/4711>. Tanggal Akses: 17 agu. 2019
Bagian
Artikel