Evaluasi Kualitas Website Pemerintah Daerah Dengan Menggunakan Webqual 4.0 dan Importance Performance Analysis (IPA) (Studi Kasus Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Pasuruan)

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Ilham Febi Muzacki Andi Reza Perdanakusuma Aditya Rachmadi

Abstrak

Peranan website bagi sebuah instansi pemeritahan saat ini sudah menjadi salah satu bagian penting bagi suatu instansi tersebut, termasuk juga bagi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Pasuruan. Namun sejak awal dipublikasikan yaitu pada tahun 2016 website Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Pasuruan belum pernah dilakukan evaluasi website sehingga pihak Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Pasuruan tidak tahu bagaimana kualitas website tersebut. Penelitian ini menganalisis dan mengukur kualitas layanan website Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Pasuruan berdasarkan sudut pandang pengguna. Data pengguna didapatkan dengan penyebaran kuesioner berdasarkan 3 dimensi pada webqual 4.0 yaitu dimensi usability, information dan service interaction. Kemudian hasil dari kuesioner tersebut dianalisis dengan metode Importance Performance Analysis (IPA). Hasil analisis menunjukkan bahwa website Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Pasuruan tidak sesuai dengan harapan pengguna dengan hasil analisis kesesuain sebesar 95.79% atau <100% dan rata-rata hasil analisis kesenjangan sebesar -0.13 atau < 0. Prioritas perbaikan pada website ini terdapat pada atribut nomer 14 (Website Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Pasuruan memberikan informasi yang detail) dan 20 (Website Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Pasuruan memudahkan untuk berkomunikasi dengan pihak pengelola) yang merupakan atribut pada kuadran A. Rekomendasi yang diberikan adalah perbaikan pada atribut di kuadran A.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Muzacki, I., Perdanakusuma, A., & Rachmadi, A. Evaluasi Kualitas Website Pemerintah Daerah Dengan Menggunakan Webqual 4.0 dan Importance Performance Analysis (IPA) (Studi Kasus Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Pasuruan). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 3, no. 3, p. 2344-2350, jan. 2019. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/4723>. Tanggal Akses: 20 okt. 2019
Bagian
Artikel