Analisis Usability Aplikasi Perangkat Bergerak Jual Beli Online dengan Model People At The Center of Mobile Application Development (PACMAD) (Studi Kasus : Tokopedia, Bukalapak dan Shopee)

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Nafilah Fauzi Hanifah Muslimah Az-Zahra Agi Putra Kharisma

Abstrak

Adanya aplikasi mobile e-commerce, semakin memudahkan transaksi jual beli secara online. Sekitar 95% pembeli mengkaji suatu produk atau layanan melalui ponsel. Aplikasi Shopee memimpin sebagai aplikasi popular nomor satu pada Google AppStore kategori free dan shopping, disusul oleh Tokopedia pada peringkat ke-2 dan Bukalapak pada peringkat ke-4. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui apakah pengguna aplikasi memilih aplikasi berdasarkan usability ataukah faktor lain. People At The Center of Mobile Application Development (PACMAD) usability model mengidentifikasi 7 atribut yang mencerminkan kegunaan aplikasi : effectiveness, efficiency, satisfaction, learnability, memorability, errors dan cognitive load. Metode PACMAD cocok untuk menyelesaikan permasalahan dengan sentimen review pengguna aplikasi mobile. Capaian nilai usability yang didapat oleh Tokopedia, Bukalapak dan Shopee mengalami peningkatan yang rata pada aspek efficiency. Pada aspek effectiveness hanya Bukalapak yang mengalami peningkatan, sedangkan Tokopedia dan Shopee mengalami penurunan. Aspek learnability menghasilkan nilai yang sejalan dengan aspek effectiveness. Nilai aspek memorability didapatkan sejalan dengan kombinasi perbandingan nilai effectiveness dan efficiency. Nilai SUS score aplikasi Shopee mendapatkan nilai sebesar 73,75, sedangkan nilai capaian Tokopedia sebesar 65,83 dan Bukalapak sebesar 67,92. Shopee mendapat NASA-RTLX score sebesar 8,2 disusul oleh Tokopedia sebesar 6,69 dan Bukalapak dengan nilai 5,35 untuk penilaian aspek cognitive load yang mengindikasikan beratnya tuntutan penggunaan aplikasi.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Fauzi, N., Az-Zahra, H., & Kharisma, A. Analisis Usability Aplikasi Perangkat Bergerak Jual Beli Online dengan Model People At The Center of Mobile Application Development (PACMAD) (Studi Kasus : Tokopedia, Bukalapak dan Shopee). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 3, no. 3, p. 2552-2557, jan. 2019. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/4728>. Tanggal Akses: 20 okt. 2019
Bagian
Artikel