Analisis Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Minat Pemain Dalam Permainan MOBA (Studi Kasus: Mobile Legends: Bang-Bang!)

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

I Ketut Sidharta Yogatama Agi Putra Kharisma Lutfi Fanani

Abstrak

Mobile Legends: Bang-Bang! merupakan game mobile yang bergenre Multiplayer Online Battle Arena. Game ini telah diunduh sebanyak 35 juta kali dan ada 8 juta pengguna aktif harian di Indonesia pada Desember 2017. Pada bulan Juli 2018 game ini telah diunduh sebanyak 100 juta kali dan memiliki 43 juta pengguna aktif bulanan di Asia Tenggara yang 50 persennya yaitu dari Indonesia. Untuk mengetahui alasan dibalik tingginya jumlah pemain aktif game Mobile Legends: Bang-Bang!, diperlukan pengumpulan data agar dapat melakukan analisis pada perilaku pemain yang terbagi menjadi 2 kelompok. Kelompok pertama, yaitu orang yang bermain Mobile Legends: Bang-Bang! dan belum pernah bermain game MOBA lain. Kelompok kedua, yaitu orang yang bermain Mobile Legends: Bang-Bang! dan pernah bermain game MOBA lain. Proses pengumpulan data menggunakan metode mixed methods yang terdiri dari 2 buah teknik, yaitu kuesioner pada kuantitatif dan wawancara pada kualitatif berdasarkan game-design factors. Setelah pengumpulan data, analisis akan dilakukan untuk mengetahui perbedaan signifikan rata-rata nilai kuesioner antara kedua kelompok dan mengetahui hubungan nilai kuesioner dengan hasil wawancara sehingga dapat ditarik kesimpulan. Hasil analisis kuesioner antara kedua kelompok dihasilkan 32 butir pernyataan tidak memiliki perbedaan yang signifikan dan 3 butir yang memiliki perbedaan yang signifikan. Sedangkan hasil wawancara dari responden membuktikan bahwa game-design factors memiliki hubungan dengan banyaknya jumlah pemain aktif game Mobile Legends: Bang-Bang!.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Yogatama, I., Kharisma, A., & Fanani, L. Analisis Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Minat Pemain Dalam Permainan MOBA (Studi Kasus: Mobile Legends: Bang-Bang!). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 3, no. 3, p. 2558-2566, jan. 2019. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/4742>. Tanggal Akses: 23 jan. 2019
Bagian
Artikel