Pengembangan Sistem Informasi Monitoring Dan Evaluasi Hasil Kegiatan Pengawas Berbasis Web (Studi Kasus: Dinas Pendidikan Kota Malang)

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Aulia Fitri Rahmawati Herman Tolle Retno Indah Rokhmawati

Abstrak

Pada Dinas Pendidikan Kota Malang proses monitoring dan evaluasi hasil kegiatan pengawas dilakukan secara manual. Monitoring dilakukan dengan menyerahkan hasil kegiatan pengawas berupa laporan dan data pendukung dalam bentuk hardcopy. Proses evaluasi hasil kegiatan pengawas dilakukan dengan menyerahkan dokumen SKP yang harus dipindahkan ke spreadsheet untuk diproses lebih lanjut. Kondisi ini tidak efisien dan dapat menimbulkan permasalahan seperti hilangnya data ataupun berkas. Untuk itu dikembangkan sebuah Sistem Informasi Monitoring dan Evaluasi Hasil Kegiatan Pengawas untuk membantu dan mempermudah proses monitoring serta evaluasi agar data terorganisasi. Sistem dibangun dengan metode pengembangan waterfall yang diimplementasikan pada platform website. Pengembangan sistem dilakukan melalui beberapa tahapan yaitu mengidentifikasi masalah, studi literatur, mengumpulkan data bahan pengembangan sistem, memodelkan proses bisnis dengan BPMN, menganalisis kebutuhan, merancang dengan Unified Modeling Language, mengimplementasikan menggunakan kerangka kerja CodeIgniter, serta menguji sistem dengan pengujian validasi, pengujian kompatibilitas, dan pengujian usabilitas. Dari tahapan tersebut diperoleh hasil kebutuhan sistem 17 fitur, hasil pengujian validasi bernilai valid yang menunjukkan bahwa sistem dapat bekerja sesuai dengan fungsionalitasnya, hasil pengujian kompatibilitas bernilai compatible untuk semua jenis browser yang menunjukkan sistem dapat berjalan pada beberapa jenis browser yang digunakan, serta pengujian usabilitas bernilai 80.62 yang menunjukkan antarmuka sistem informasi yang dikembangkan mudah digunakan dan dimengerti oleh pengguna.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Rahmawati, A., Tolle, H., & Rokhmawati, R. Pengembangan Sistem Informasi Monitoring Dan Evaluasi Hasil Kegiatan Pengawas Berbasis Web (Studi Kasus: Dinas Pendidikan Kota Malang). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 3, no. 3, p. 2452-2458, jan. 2019. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/4746>. Tanggal Akses: 17 agu. 2019
Bagian
Artikel