Pengembangan Sistem Informasi Penetapan Angka Kredit Guru (Studi Kasus: Dinas Pendidikan Kota Malang)

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Dimas Bhayu Primarizki Herman Tolle Faizatul Amalia

Abstrak

Kenaikan pangkat guru berdasarkan Permen PAN-RB No.16 Tahun 2009 dihitung berdasarkan angka kredit menurut beban kerja serta kegiatan yang dilakukan guru tersebut selama periode masa penilaian. Pada setiap periode jumlah pengajuan yang masuk bisa mencapai angka ratusan. Data-data dalam bentuk berkas tersebut harus melalui proses pengecekan kelengkapan dan keabsahan, serta rekapitulasi secara manual dengan melewati berbagai macam birokrasi. Kondisi ini dirasa sangat tidak efisien dan memboroskan waktu. Maka dari itu, sebuah sistem informasi diperlukan demi memecahkan permasalahan tersebut. Proses pengecekan dan rekapitulasi dapat dipermudah dengan Sistem Informasi Penetapan Angka Kredit Guru yang dibangun dengan metode waterfall dan diimplementasikan pada platform website. Selanjutnya, dilakukan pengujian dengan menggunakan validation testing, compatibility testing, serta usability testing. Hasil dari validation testing yang telah dilakukan menunjukkan bahwa sistem dapat bekerja dengan baik sesuai dengan fungsionalitasnya. Adapun hasil dari compatibility testing adalah sistem dapat berjalan dengan baik pada beberapa versi browser yang berbeda. Lalu dari hasil usability testing, menunjukkan bahwa sistem mendapatkan grade B yang berarti dapat dengan mudah digunakan oleh pengguna.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Primarizki, D., Tolle, H., & Amalia, F. Pengembangan Sistem Informasi Penetapan Angka Kredit Guru (Studi Kasus: Dinas Pendidikan Kota Malang). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 3, no. 3, p. 2746-2752, jan. 2019. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/4784>. Tanggal Akses: 20 okt. 2019
Bagian
Artikel