Analisis Kinerja Routing Protocol Ad-hoc On Demand Multipath Distance Vector (AOMDV) Menggunakan Pergerakan Gauss-Markov Pada Mobile Ad-hoc Network (MANET)

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Eko Aditya Ramadianto Rakhmadhany Primananda Reza Andria Siregar

Abstrak

Mobile Ad-hoc Network (MANET) merupakan sebuah topologi yang terdiri dari beberapa wireless node yang dapat melakukan konfigurasi secara dinamis tanpa menggunakan infrastruktur jaringan tetap yang ada. Node yang ada pada MANET dapat bergerak bebas dan antar nodenya terhubung melalui jaringan wireless. Dikarenakan topologi yang dinamis, dibutuhkan sebuah routing protocol yang tepat dalam penentuan jalur routing antar node di topologi MANET. Ad-hoc On Demand Multipath Distance Vector (AOMDV) merupakan multipath routing protocol yang digunakan pada penelitian ini. Multipath routing protocol dapat menentukan beberapa rute antara node sumber dan node tujuan, dimana hal ini akan memberikan keuntungan dari segi kinerja seperti peningkatan performansi pada skalabilitas jaringan. Selain adanya routing protocol dibutuhkan pola pergerakan yang mengatur pergerakan dari node yang ada. Gauss-Markov merupakan pola pergerakan yang digunakan dalam penelitian ini, dimana seiring berjalannya waktu Gauss-Markov akan memberikan pergerakan terhadap node yang didasari oleh kecepatan dan sudut pergerakan. Penelitian ini membahas analisis kinerja routing protocol Ad-hoc On Demand Multipath Distance Vector (AOMDV) menggunakan pergerakan Gauss-Markov pada Mobile Ad-hoc Network (MANET) menggunakan Network simulator 2. Hasil dari simulasi adalah seiring bertambahnya jumlah node dan luas wilayah simulasi membuat nilai dari end to end delay dan normalized routing overhead cenderung mengalami peningkatan sedangkan nilai dari throughput cenderung mengalami penurunan.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Ramadianto, E., Primananda, R., & Siregar, R. Analisis Kinerja Routing Protocol Ad-hoc On Demand Multipath Distance Vector (AOMDV) Menggunakan Pergerakan Gauss-Markov Pada Mobile Ad-hoc Network (MANET). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 3, no. 3, p. 2680-2684, jan. 2019. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/4796>. Tanggal Akses: 20 okt. 2019
Bagian
Artikel