Pengembangan Sistem Informasi Akademik Siswa Pada Sekolah Berbasis Asrama (Studi Pada Tazkia International Islamic Boarding School Malang)

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Dhimas Pristian Alamsyah Putra Yusi Tyroni Mursityo Djoko Pramono

Abstrak

Sekolah Tazkia International Islamic Boarding School (IIBS) merupakan sekolah non-formal berbasis agama yang menerapkan sistem asrama. Proses pembuatan rapor siswa pada sekolah Tazkia IIBS ini dilakukan menggunakan sebuah modul yang disebut teacher kit yang digunakan oleh guru untuk mencatat nilai akademik siswanya. Nilai akademik siswa yang telah dicatat ke dalam teacher kit harus dilaporkan kepada bagian kurikulum setiap tiga bulan untuk diverifikasi. Pada akhir semester barulah dilakukan perekapan nilai oleh guru untuk membuat rapor siswa. Hal ini dinilai kurang efisien karena membutuhkan waktu yang lama dan tahapan yang panjang untuk membuat rapor siswa. Dengan permasalahan yang ada tersebut, dibutuhkan sebuah solusi, salah satunya dengan mengembangkan sebuah Sistem Informasi Akademik Siswa. Pada penelitian ini dijelaskan bagaimana proses pengembangan Sistem Informasi Akademik Siswa pada sekolah Tazkia IIBS yang bertujuan menangani permasalahan pembuatan rapor siswa yang ada. Pengembangan sistem informasi ini menggunakan metode Rational Unified Process (RUP). Metode RUP merupakan metode pengembangan sistem berbasis objek yang terdiri dari empat tahapan yaitu tahap inception, elaboration, construction, dan transition. Metode ini dipilih karena mampu melakukan proses pengembangan secara iterasi dan memungkinkan penanganan terhadap perubahan kebutuhan. Sistem yang telah dibangun diuji menggunakan validation testing dengan hasil valid pada semua test case, serta dilakukan compatibility testing untuk menguji kebutuhan non-fungsional dengan hasil beberapa minor issue pada beberapa web browser. Pada user acceptance testing didapatkan tingkat penerimaan sebesar 67% yang menunjukkan bahwa sistem telah dibangun dengan baik.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Putra, D., Mursityo, Y., & Pramono, D. Pengembangan Sistem Informasi Akademik Siswa Pada Sekolah Berbasis Asrama (Studi Pada Tazkia International Islamic Boarding School Malang). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 3, no. 3, p. 2814-2822, jan. 2019. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/4822>. Tanggal Akses: 17 agu. 2019
Bagian
Artikel