Penentuan Varietas Padi Unggul yang Akan Ditanam Berdasarkan Potensi Hasil Menggunakan Metode Analytic Hierarchy Process-Weighted Product (AHP-WP)

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Tunggul Prastyo Sriatmoko Nurul Hidayat Sutrisno Sutrisno

Abstrak

Peningkatan jumlah penduduk indonesia setiap tahunnya dimana hal itu mengakibatkan meningkatnya kebutuhan atas pangan di Indonesia. Sedangkan peningkatan penghasilan produksi pertanian negeri ini yang masih kurang, mengakibatkan pemerintah melakukannya impor demi memenuhi kebutuhan pangan. Oleh karena itu dibutuhkannya upaya dalam meningkatkan hasil produksi yang lebih baik terutama di tanaman padi yang merupakan makanan pokok penduduk indonesia. Dimana salah satu cara dalam meningkatkan produksi dengan cara menanam benih varietas unggul padi. Tetapi, banyak kriteria yang perlu untuk dipertimbangkan dalam memilih varietas padi mana yang cocok untuk dipilih dalam menentukan pilihan. Dari masalah tersebut, ada beberapa metode yang bisa diimplementasikan dalam penyelesaian permasalahan yaitu dengan sebuah sisitem yang mampu memberikan saran jenis padi yang ditanam menggunakan metode Analytic Hierarchy Process (AHP)  untuk pemberian bobot dan metode Weighted Product (WP) digunakan untuk menghitung perangkingan alternatif dan diambil nilai yang paling tinggi sebagai rekomendasi akhir. Pada tahap pengujian dengan metode akurasi membandingkan hasil rekomendasi dari sistem dibandingkan data rekomendasi dari pakar maka dihasilkan tingkat akurasi 90.19607843% sehingga dapat disimpulkan bahwa metode AHP dan WP dapat dipergunakan dalam merekomendasikan jenis padi unggul dikarenakan memiliki nilai akurasi yang tinggi di atas 90% mendekati sempurna dari data pakar.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Sriatmoko, T., Hidayat, N., & Sutrisno, S. Penentuan Varietas Padi Unggul yang Akan Ditanam Berdasarkan Potensi Hasil Menggunakan Metode Analytic Hierarchy Process-Weighted Product (AHP-WP). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 3, no. 3, p. 2837-2844, jan. 2019. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/4826>. Tanggal Akses: 23 jan. 2019
Bagian
Artikel