Evaluasi Usability pada Aplikasi MyTelkomsel dengan Menggunakan Metode Usability Testing

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Willy Arief Pramono Hanifah Muslimah Az-Zahra Retno Indah Rokhmawati

Abstrak

Telkomsel merupakan salah satu perusahaan yang menyediakan jasa operator layanan seluler. Telkomsel memiliki visi jauh ke depan dan misi memberikan yang terbaik bagi masyarakat dan negara. Satu-satunya alternatif Telkomsel adalah: tumbuh, berkembang dan berjaya. Aplikasi MyTelkomsel memberikan kemudahan kepada pelanggan untuk dapat mengakses fitur seperti melihat penggunaan data, melihat jumlah pulsa juga paket untuk nomor pelanggan, mengelola nama, email dan koneksi akun sosial media, melakukan isi ulang pulsa bahkan membeli paket data. Aplikasi MyTelkomsel dalam Google Playstore saat ini (23/8/2018) mendapatkan rating 4.1 dari skala 5 dan di review oleh 600 ribu lebih oleh pengguna. Namun, sekitar 60 ribu pengguna memberikan rating 1 yang artinya aplikasi MyTelkomsel dinilai oleh beberapa pengguna masih sangat kurang. Oleh sebab itu, diperlukan sebuah pengukuran menggunakan pengujian usability. Dari hasil pengujian menunjukkan bahwa tingkat usability dari kriteria learnability sebesar 1,12 lebih cepat. kriteria memorability berdasarkan jumlah klik dan langkah mudah diingat dari 23 dan 17,33 menjadi 22 dan 16,33, kriteria efficiency sebesar 95,97% yang berarti cukup tinggi, nilai kriteria error didapatkan nilai 1,31% yang berarti sangat rendah, dan nilai kriteria satisfaction sebesar 69 dari kuesioner SUS yang berarti cukup tinggi.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Pramono, W., Az-Zahra, H., & Rokhmawati, R. Evaluasi Usability pada Aplikasi MyTelkomsel dengan Menggunakan Metode Usability Testing. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 3, no. 3, p. 2951-2959, jan. 2019. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/4853>. Tanggal Akses: 21 sep. 2019
Bagian
Artikel