Analisis Pengaruh Electronic Word of Mouth (EWOM) di Media Sosial Instagram Terhadap Minat Berkunjung Wisata ke Malang Raya (Studi Pada Akun Instagram Amazing Malang)

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Wike Agustin Kurniasari Yusi Tyroni Mursityo Retno Indah Rokhmawati

Abstrak

Penelitian ini membahas Pengaruh Electronic Word of Mouth (EWOM) di media sosial Instagram terhadap minat berkunjung. Tujuannya untuk mengetahui pengaruh EWOM secara parsial dan simultan terhadap minat berkunjung. EWOM adalah bentuk komunikasi pemasaran dengan pernyataan positif atau negatif yang dilakukan oleh pelanggan atau mantan pelanggan mengenai produk atau perusahaan untuk membagikan pengalamannya melalui internet. Terdapat lima variabel pemicu EWOM yang digunakan pada penelitian ini yaitu Concern for others, Expressing positive feelings, Economic insentive, Helping the company, Platform assistance. Studi kasus menggunakan akun Instagram Amazing Malang yang merupakan strategi media promosi online wisata di Malang Raya yang bertujuan untuk memberikan informasi wisata yang efektif dan efisien untuk meningkatkan minat berkunjung wisata. Pengumpulan data menggunakan teknik simple random sampling dengan menyebarkan kuesioner secara online pada followers Instagram Amazing Malang yang pernah menerima informasi akun tersebut sehingga didapati 125 responden. Penelitian ini tergolong penelitian statistik eksplanatif untuk mengetahui pengaruh EWOM secara parsial dan simultan menggunakan analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil analisis secara simultan, EWOM memiliki pengaruh yang positif terhadap minat berkunjung wisata ke Malang Raya melalui media sosial Instagram Amazing Malang. Sedangkan berdasarkan hasil analisis secara parsial, variabel Expressing positive feelings dan helping the company memiliki pengaruh signifikan terhadap minat berkunjung.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Kurniasari, W., Mursityo, Y., & Rokhmawati, R. Analisis Pengaruh Electronic Word of Mouth (EWOM) di Media Sosial Instagram Terhadap Minat Berkunjung Wisata ke Malang Raya (Studi Pada Akun Instagram Amazing Malang). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 3, no. 3, p. 3070-3078, jan. 2019. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/4873>. Tanggal Akses: 22 sep. 2019
Bagian
Artikel