Implementasi Perangkat Internet Gateway Device Untuk Menghubungkan Infrastruktur IoT dan Aplikasi Cloud Menggunakan Narrowband Internet of Things (NB-IoT)

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Eric Ferdy Kurniawan Eko Sakti Pramukantoro Fariz Andri Bakhtiar

Abstrak

Arsitektur IoT dapat digambarkan dengan 4 bagian, yaitu sensing, jaringan, middleware, dan aplikasi. Pada umumnya bagian sensing dan middleware berada di intranet, sedangkan bagian aplikasi berada di internet karena berbasis cloud. Pada kondisi inilah Internet gateway device (IGD) berperan sebagai bagian jaringan pada arsitektur IoT yaitu menghubungkan middleware di intranet dan aplikasi cloud di internet. IGD berfungsi mengambil data dari middleware kemudian meneruskannya ke aplikasi cloud. Dalam penelitian ini, IGD berbasis jaringan NB-IoT menyediakan konektivitas internet dengan delay lebih kecil dari penelitian sebelumnya yang menggunakan IGD berbasis jaringan GPRS. Dua skenario pengujian dilakukan untuk mengukur delay dan throughput pengiriman data dari IGD menuju aplikasi cloud. Pada skenario pertama, data sensor yang diterima IGD dari middleware langsung dikirimkan menuju cloud, sedangkan skenario kedua, data sensor yang diterima IGD dari middleware dikumpulkan dan disimpan terlebih dahulu dalam file JSON selama rentang waktu tertentu, lalu file JSON dikirimkan menuju cloud. Hasil pengujian skenario pertama menunjukkan bahwa rata-rata delay sebesar 10 detik dan rata-rata throughput sebesar 26000bps. Perbandingan hasil pengujian skenario kedua pada penelitian ini dan penelitian sebelumnya terlihat signifikan pada saat mengirimkan data sebesar 2.5Mb. Pada penelitian sebelumnya, delay yang dihasilkan dari pengiriman data 2574984 bytes sebesar 2818 detik, sedangkan pada penelitian ini mampu mengirimkan 2648000 bytes dengan delay sebesar 22 detik dan rata – rata throughput sebesar 97672.742bps.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Kurniawan, E., Pramukantoro, E., & Bakhtiar, F. Implementasi Perangkat Internet Gateway Device Untuk Menghubungkan Infrastruktur IoT dan Aplikasi Cloud Menggunakan Narrowband Internet of Things (NB-IoT). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 3, no. 6, p. 5215-5224, juli 2019. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/5447>. Tanggal Akses: 23 okt. 2020
Bagian
Artikel