Pengembangan Sistem untuk Memonitor Aktivitas Media Sosial Berbasis Web (Studi Kasus Media Sosial Twitter Calon Legislatif pada Pemilihan Legislatif 2019)

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Vasha Farisi Sarwan Halim Fajar Pradana Fitra Abdurrachman Bachtiar

Abstrak

Media sosial dinilai menjadi media yang efektif dalam melakukan kampanye karena terbukti penggunaannya dapat meningkatkan elektabilitas seorang kandidat politik. Namun karena terdapat keterbatasan waktu untuk terus memantau kondisi media sosial, sering kali media sosial seorang kandidat politik menjadi tidak termonitor dan dikelola dengan baik. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, dibangun sistem yang dapat memonitor aktivitas media sosial dengan menerapkan model pengembangan waterfall dan pendekatan object oriented. Sistem ini mampu menampilkan aktivitas media sosial, analisis sentimen masyarakat, rekomendasi aktivitas dalam pengelolaan akun media sosial, dan tren topik Indonesia. Sistem diimplementasikan menggunakan konsep Model View Controller (MVC) dengan bantuan framework Laravel dan bahasa pemrograman PHP, HTML, dan Javascript. Setelah tahap implementasi selesai, pengujian white box dan black box dilakukan dan menghasilkan kesimpulan bahwa sistem telah 100% valid sesuai kebutuhan yang telah didefinisikan pada awal fase pengembangan. Pengujian usability menggunakan metode heuristic evaluation juga dilakukan agar memastikan kemudahan sistem untuk digunakan oleh pengguna. Hasil dari pengujian usability ditemukan kejanggalan sistem pada aspek visibillity of system status dan user control and freedom dengan tingkat severity ratings bernilai 1 yang berarti tidak perlu ada perbaikan pada sistem dan sistem telah baik digunakan oleh pengguna.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Halim, V., Pradana, F., & Bachtiar, F. Pengembangan Sistem untuk Memonitor Aktivitas Media Sosial Berbasis Web (Studi Kasus Media Sosial Twitter Calon Legislatif pada Pemilihan Legislatif 2019). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 3, no. 6, p. 5264-5272, juli 2019. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/5459>. Tanggal Akses: 28 okt. 2020
Bagian
Artikel