Evaluasi Dan Perbaikan Proses Bisnis Menggunakan Quality Evaluation Framework (QEF), Root Cause Analysis (RCA) dan Business Process Improvement (BPI) (Studi Kasus: Pelayanan BPJS Rawat Inap Rumah Sakit Islam Aisyiyah Malang)

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Muhammad Ibrahim Al Ghazi Saragi Ismiarta Aknuranda Nanang Yudi Setiawan

Abstrak

Rumah Sakit Islam Aisyiyah merupakan salah satu rumah sakit di Malang yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan untuk memberikan layanan kesehatan, salah satunya pada pelayanan BPJS rawat inap. Dalam menjalankan pelayanan BPJS rawat inap, Rumah Sakit Islam Aisyiyah memiliki beberapa masalah yang menghambat berjalannya pelayanan seperti kurangnya SDM, beban pekerjaan yang tidak seimbang, miskomunikasi antar divisi, dan kualitas komputer yang kurang baik. Untuk menyelesaikan permasalahan yang ada, perlu dilakukan evaluasi proses bisnis yang berjalan saat ini dengan memodelkan proses bisnis menggunakan Business Process Model and Notation (BPMN). Langkah selanjutnya adalah melakukan evaluasi proses bisnis menggunakan Quality Evaluation Framework (QEF) untuk mengetahui quality factor dan kesesuaian pencapaian target perusahaan. Dari hasil evaluasi tersebut, dilakukan analisis akar permasalahan menggunakan salah satu teknik Root Cause Analysis (RCA), yaitu Fishbone Analysis. Langkah selanjutnya adalah melakukan perbaikan proses bisnis menggunakan salah satu metode Business Process Improvement (BPI), yaitu streamlining. Hasil simulasi time analysis proses bisnis pendaftaran pelayanan BPJS rawat inap melalui Polispesialis memiliki persentase penurunan waktu sebesar 26,69%. Selain itu proses bisnis pendaftaran pelayanan BPJS rawat inap melalui UGD memiliki persentase penurunan waktu sebesar 11,91% dan pada proses bisnis pelayanan pasien BPJS rawat inap memiliki persentase penurunan waktu sebesar 4,22%.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Saragi, M., Aknuranda, I., & Setiawan, N. Evaluasi Dan Perbaikan Proses Bisnis Menggunakan Quality Evaluation Framework (QEF), Root Cause Analysis (RCA) dan Business Process Improvement (BPI) (Studi Kasus: Pelayanan BPJS Rawat Inap Rumah Sakit Islam Aisyiyah Malang). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 3, no. 6, p. 5306-5314, juli 2019. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/5466>. Tanggal Akses: 23 okt. 2020
Bagian
Artikel