Optimasi Pengadaan Buku Perpustakaan Menggunakan Metode Algoritme Genetika (Studi Kasus: Perpustakaan Universitas Brawijaya)

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Witriana Sumarni Agus Wahyu Widodo Muh. Arif Rahman

Abstrak

Setiap tahun pada perpustakaan Universitas Brawijaya mengadakan pengadaan buku untuk meningkatkan daya tarik pembaca ataupun untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi pembaca. Namun, untuk melakukan pengadaan buku yang maksimal diperlukan anggaran dana yang mencukupi untuk kebutuhan pembelian seluruh buku yang diperlukan oleh masing-masing jurusan yang ada di Universitas Brawijaya. Maka dari itu, dalam penelitian ini dibuat sistem yang mampu mengoptimalkan jumlah buku yang didapatkan dengan anggaran yang sudah ditetapkan di perpustakaan Universitas Brawijaya dengan menerapkan metode algoritme genetika. Algoritme genetika membangkitkan kromosom dengan algoritme genetika permutasi yaitu setiap gen merepresentasikan 1 judul buku per jurusan. Setelah dilakukan pembangkitan kromosom kemudian akan dilakukan proses reproduksi crossover dan reproduksi mutasi untuk menghasilkan individu baru. Kemudian dilakukan evaluasi dan seleksi individu berdasarkan nilai fitness tertinggi. Setelah dilakukan pengujian, didapatkan hasil parameter ukuran populasi terbaik = 160, parameter banyak  generasi = 2000, crossover rate 0.5 dan mutation rate 0.5 yang memberikan hasil pengadaan buku perpustakaan Universitas Brawijaya yang optimal yakni dengan jumlah buku yang terbeli adalah 1077 buku.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Sumarni, W., Widodo, A., & Rahman, M. Optimasi Pengadaan Buku Perpustakaan Menggunakan Metode Algoritme Genetika (Studi Kasus: Perpustakaan Universitas Brawijaya). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 3, no. 6, p. 5341-5346, juli 2019. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/5475>. Tanggal Akses: 23 okt. 2020
Bagian
Artikel