Klasifikasi Penempatan Siswa di Sekolah Menengah Atas menggunakan Metode Extreme Learning Machine

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Akmal Subakti Wicaksana Budi Darma Setiawan Candra Dewi

Abstrak

Penempatan jurusan adalah sebuah tindakan yang dapat memiliki kontribusi besar terhadap kemampuan dan motivasi belajar siswa. Penempatan jurusan sendiri memiliki parameter-parameter tertentu yang digunakan sebagai acuan dalam mempertimbangkan penentuan jurusan guna mendapatkan penempatan jurusan yang sesuai. Faktor yang digunakan dalam penentuan jurusan antara lain hasil tes psikotes siswa, nilai rata-rata rapor SMP, rekomendasi BK, minat siswa, dan minat orang tua. Sehingga hal itu tidak efisien. Dalam proses validasi hasil penempatan jurusan dibutuhkan waktu selama 1 semester dengan melihat data hasil belajar siswa. Dalam penempatan jurusan dibutuhkan sebuah sistem yang dapat membantu dalam klasifikasi penentuan jurusan siswa dengan cepat dan akurat, sehingga dapat mengurangi waktu penentuan jurusan. Selain itu diharapkan dapat mengurangi kelasahan dalam penentuan jurusan dikarenakan ketidak telitian. Pada penelitian akan digunakan metode Extreme Learning Machine dalam penyelesaian permasalahan klasifikasi untuk penempatan penjurusan siswa pada Sekolah Menengah Atas. Data yang digunakan pada penilitan ini berjumlah 256 data yang dibagi menjadi 128 berlabel IPA dan 128 berlabel IPS. Hasil akurasi terbaik yang diperoleh pada penelitian ini sebesar 98 % dengan menggunakan 12 fitur dan hidden neuron sebanyak 14. Untuk perbandingan data latih dan data uji yang digunakan adalah sebesar 80:20, serta nilai bobot masukkan adalah [-1,1], nilai bias dengan rentang [0,1], dan menggunakan fungsi aktivasi sigmoid.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Wicaksana, A., Setiawan, B., & Dewi, C. Klasifikasi Penempatan Siswa di Sekolah Menengah Atas menggunakan Metode Extreme Learning Machine. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 3, no. 6, p. 5383-5388, juli 2019. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/5483>. Tanggal Akses: 23 okt. 2020
Bagian
Artikel