Perbaikan Antarmuka Aplikasi Jurnalisme Positif dengan menerapkan Metode Human Centered Design untuk Pengguna Golongan Tua (Studi Kasus: Times Indonesia)

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Atikah Febrianti Nastiti Hanifah Muslimah Az-Zahra Satrio Hadi Wijoyo

Abstrak

Aplikasi Jurnalisme Positif (AJP) merupakan aplikasi mobile Android yang berfungsi dalam penulisan berita bagi para jurnalis dan masyarakat umum untuk kategori usia 15 tahun – diatas 50 tahun. Sebagai pengelola AJP, Times Indonesia bertujuan untuk membuat masyarakat umum dapat berkontribusi dalam menulis berita sesuai fakta melalui aplikasi tersebut. Akan tetapi, terdapat beberapa kendala yang dialami oleh pengguna dengan usia diatas 50 tahun atau disebut dengan golongan tua ketika berinteraksi dengan antarmuka aplikasi. Permasalahannya adalah pengguna tidak mampu mencapai tugas dari fitur dasar, membutuhkan waktu yang cenderung lebih lama, serta tidak familiar dengan tampilan aplikasi. Sehingga, perbaikan antarmuka diperlukan untuk menghasilkan desain solusi bagi golongan tua serta meningkatkan usability AJP. Permasalahan terkait usability tersebut diselesaikan dengan metode Human Centered Design (HCD). Penelitian ini melakukan evaluasi dengan menguji aspek effectiveness, efficiency, satisfaction dan learnability. Hasil dari evaluasi antarmuka adalah ditemukan 8 kendala dan 10 desain solusi. Setelah penerapan metode dan aspek familiarity dimensi symbolic dan actionable dalam desain, terjadi peningkatan pada aspek effectiveness dari 77% yang dibawah standar menjadi 100%, aspek efficiency dari 69,87% pengguna efektif yang berhasil menjadi 100%, dan aspek satisfaction dari 76,75% pengguna puas menjadi 91,8% pengguna sangat puas. Aspek learnability ikut meningkat seiring dengan meningkatnya usability.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Nastiti, A., Az-Zahra, H., & Wijoyo, S. Perbaikan Antarmuka Aplikasi Jurnalisme Positif dengan menerapkan Metode Human Centered Design untuk Pengguna Golongan Tua (Studi Kasus: Times Indonesia). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 3, no. 6, p. 5406-5413, juli 2019. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/5486>. Tanggal Akses: 28 okt. 2020
Bagian
Artikel