Pembangunan Aplikasi Dashboard Untuk Analisa Efektivitas Marketing Online Berbasis Website (Studi Kasus: Digital Marketing Malang)

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Ubaidillah Hakim Fadly Fajar Pradana Nurudin Santoso

Abstrak

Internet marketing adalah sebuah bentuk pemasaran yang dilakukan melalui media internet. Social Media Advertising (SMA) merupakan salah satu bagian dari internet marketing yang menggunakan media sosial. Facebook merupakan sosial media yang menyediakan fitur advertising untuk melakukan SMA, dengan kelebihan penggunanya yang besar. Digital Marketing Malang (DMM) merupakan sebuah usaha jasa yang menawarkan pemasangan iklan berbayar pada Facebook. Pada prakteknya, DMM akan mengalami kesulitan ketika mengawasi banyaknya iklan yang berjalan, karena ketika mengiklankan sebuah produk diperlukan banyak splitting. Splitting adalah sebuah strategi memecah iklan dengan komposisi berbeda untuk mendapatkan iklan yang paling efektif. Untuk itulah diperlukan pembangunan aplikasi dashboard untuk Analisa efektivitas marketing online yang dapat mengecek iklan secara otomatis tiap 1 jam sekaliĀ  dalam satu set iklan yang akan menghentikan iklan yang kurang efektif. Proses pembangunan aplikasi dilakukan menggunakan model sekuensial waterfall dan pada tahapan penelitian akan dilakukan studi literatur, analisis kebutuhan, perancangan dan implementasi, pengujian dan terakhir pengambilan kesimpulan dan saran untuk penelitian kedepannya. Aplikasi ini dibangun menggunakan basis website dengan bahasa pemrograman PHP. Pengujian fungsionalitas yang dilakukan berupa pengujian unit, integrasi dan validasi yang menghasilkan nilai 100% valid. Pengujian non fungsionalitas menggunakan compatibility testing yang diujikan pada 4 browser yang berbeda dengan hasil aplikasi dapat berjalan dengan baik pada seluruh browser.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Fadly, U., Pradana, F., & Santoso, N. Pembangunan Aplikasi Dashboard Untuk Analisa Efektivitas Marketing Online Berbasis Website (Studi Kasus: Digital Marketing Malang). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 3, no. 6, p. 5460-5469, juli 2019. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/5491>. Tanggal Akses: 23 okt. 2020
Bagian
Artikel