Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Kanji menggunakan MLKit Text Recognition, Text-to-Speech dan Kanji Alive API (Studi Kasus: Kun-Yomi pada JLPT N5-N3)

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Firmanda Mulyawan Nugroho Agi Putra Kharisma Wibisono Sukmo Wardhono

Abstrak

Aplikasi Pembelajaran Kanji adalah aplikasi pembelajaran yang difokuskan untuk menempuh Japanese Languange Provience Test (JLPT) pada tingkatan N5 hingga N3. Dari wawancara yang telah dilakukan kepada 5 responden yang mempelajari kanji, seluruhnya mengalami kesulitan. Aplikasi Pembelajaran Kanji disini memiliki tugas untuk menyelesaikan masalah tersebut. Dalam pengembangannya digunakan berbagai fitur seperti adanya daftar kanji N5 hingga N3, fitur mengetahui detail kanji, seperti arti, penulisan secara kun-yomi, jumlah stroke, pembacaan secara hiragana, sekaligus memiliki contoh dari penggunaan dalam kehidupan sehari-hari, serta fitur untuk penyuaraan kanji menggunakan Text-to-Speech dengan data yang diambil dari Kanji Alive API. Pada bagian evaluasi terdapat fitur quiz untuk mengetahui seberapa besar tingkat pemahaman pengguna. Lalu pada fitur bantuan, terdapat MLkit Text Recognizion yang mampu mengenali kanji dengan menggunakan kamera dan sekaligus mengetahui arti dari kanji tersebut. Hasil penelitian ini memiliki hasil efektifitas yaitu, pada aspek pembelajaran, mengetahui arti kanji dan mengetahui contoh penggunaan kata kanji, seluruh responden menyatakan efektif, namun aspek evaluasi pembelajaran tiga responden menyatakan efektif, dua responden perlu adanya peningkatan dan pendetailan. Pada hasil usablititas aspek seperti usefulness ditemukan 86,8%, easy-to-learn sebesar 81%, easy-to-use sebesar 83,125 %, dan satisfaction 74,5 %. Hasil tersebut memberikan nilai sangat setuju pada tiga aspek pertama dan setuju pada aspek terakhir.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Nugroho, F., Kharisma, A., & Wardhono, W. Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Kanji menggunakan MLKit Text Recognition, Text-to-Speech dan Kanji Alive API (Studi Kasus: Kun-Yomi pada JLPT N5-N3). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 3, no. 6, p. 5421-5429, juli 2019. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/5495>. Tanggal Akses: 23 okt. 2020
Bagian
Artikel