Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Pengajuan Cuti Pegawai Menggunakan Pendekatan Object Oriented Analysis and Design (OOAD) (Studi Pada PT. Pos Indonesia Surabaya Kebonrojo)

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Fiera Arnandya Rani Satrio Agung Wicaksono Admaja Dwi Herlambang

Abstrak

PT. POS Indonesia Surabaya Kebonrojo saat ini telah memiliki cukup banyak sistem informasi manajemen namun terkait pengajuan cuti pegawai, instansi masih belum memiliki sistem informasi yang terkomputerisasi. Berdasarkan hasil wawancara, PT. POS Indonesia Surabaya Kebonrojo telah berencana untuk memiliki sisem informasi pengajuan cuti namun hingga saat ini belum terealisasi. Penelitian ini bertujuan tujuan memecahkan masalah dengan fokus menganalisis dan mendesain rancangan sistem. Aktivitas menganalisis dan merancang sistem menggunakan metode Object Oriented Analysis and Design (OOAD) yang terdiri dari 5 tahap yaitu: memodelkan use case, menganalisis arsitektur, menganalisis use case, mengidentifikasi elemen data, dan memodelkan data. Penelitian dimulai melalui wawancara dan studi dokumen untuk mendapatkan gambaran proses bisnis, menganalisis kebutuhan pengguna, merancang use case, state machine diagram, activity diagram, sequence diagram, class diagram, physical data model, hingga rancangan antarmuka. Penelitian ini menghasilkan 10 kebutuhan fungsional, 10 use case, state machine diagram, activity diagram, sequence diagram dengan total yang sama. Pengujian dilakukan dengan metode configuration structure dan table kerunutan. Hasil pengujian pada metode pertama menunjukkan jika konsistensi dalam mendefinisikan kebutuhan sudah tinggi yakni 100,00%. Pengujian pada metode kedua disimpulkan jika kebutuhan fungsional dengan use case telah konsisten dengan nilai 100,00%.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Rani, F., Wicaksono, S., & Herlambang, A. Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Pengajuan Cuti Pegawai Menggunakan Pendekatan Object Oriented Analysis and Design (OOAD) (Studi Pada PT. Pos Indonesia Surabaya Kebonrojo). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 3, no. 6, p. 5470-5479, juli 2019. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/5499>. Tanggal Akses: 28 okt. 2020
Bagian
Artikel