Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Administrasi Perangkat Pembelajaran dan Supervisi Guru pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) (Studi pada SMK Negeri 5 Malang)

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Moh Arif Andrian Satrio Agung wicak Retno Indah Rokhmawati

Abstrak

Guru sebagai salah satu aktor pendidikan memiliki tugas dan wewenang untuk menyusun administrasi perangkat pembelajaran, agar dapat dilakukannya evaluasi pelaksanaan pembelajaran secara sistematis. Selain itu, guru juga memiliki kewajiban untuk melakukan penilaian kinerja yang disebut Supervisi Guru. Kenyataannya, guru merasa terbebani dikarenakan keterbatasan waktu, banyaknya mata pelajaran yang diampu dan standar baku perangkat pembelajaran yang sering berubah. Hal ini menyebabkan para guru tidak menyusun perangkat pembelajaran dan berdampak pada terkendalanya Supervisi Guru. Penelitian ini mengembangkan sistem informasi manajemen yang dapat membantu guru dalam menyusun perangkat pembelajaran dan memudahkan proses Supervisi Guru. Metode yang digunakan adalah waterfall, pemodelan kebutuhan Object Oriented Analysis and Design (OOAD), serta implementasi model arsitektur Model-View-Controller (MVC). Hasil penelitian menunjukkan 17 fitur dinyatakan valid melalui uji validasi fungsional, sistem berjalan sesuai alur logika perancangan  melalui uji white-box dan representasi penilaian penerimaan pengguna sebesar 83,62% melalui 15 peserta uji. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pengembangan sistem informasi manajemen administrasi perangkat pembelajaran dan Supervisi Guru dapat diterima dan berjalan dengan baik pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). 

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Andrian, M., wicak, S., & Rokhmawati, R. Pengembangan Sistem Informasi Manajemen Administrasi Perangkat Pembelajaran dan Supervisi Guru pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) (Studi pada SMK Negeri 5 Malang). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 3, no. 6, p. 5487-5495, juli 2019. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/5502>. Tanggal Akses: 28 okt. 2020
Bagian
Artikel