Pengembangan Sistem Marketplace Tempat Aktivitas Edukatif Anak Berbasis Mobile iOS

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Faiqotul Himmah Fajar Pradana Bayu Priyambadha

Abstrak

Telah timbul kesadaran sebagian masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pendidikan yang membantu tumbuh kembang anak mereka di usia dini. Hanya saja, masih sering ditemui kesulitan ketika orang tua ingin mencari tempat aktivitas edukatif, khususnya yang ramah bagi anak-anak. Atas dasar itu telah dibuat sistem Parentstory untuk mencari dan menemukan tempat aktivitas edukatif anak di Jabodetabek dengan berbasis website. Namun, dalam kondisi masyarakat yang semakin aware terhadap penggunaan gadget, penyediaan sistem berbasis website dirasa belum praktis. Oleh karena itu, dibutuhkan sistem yang dapat juga dikembangkan dalam bentuk aplikasi mobile untuk meningkatkan penetrasi layanan sistem khususnya kepada masyarakat pengguna gadget berbasis iOS. Permasalahan yang dihadapi guna menyediakan aplikasi dimaksud adalah bagaimana analisis kebutuhan, perancangan, implementasi, dan pengujian yang harus dilakukan sehingga aplikasi mudah digunakan sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Berdasarkan permasalah di atas maka dilakukanlah penelitian ini untuk mengembangkan aplikasi mobile berbasis iOS sebagai sarana untuk mencari dan menemukan serta melakukan pemesanan tempat aktivitas edukatif anak khususnya di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek). Penelitian ini dimulai dengan analisis kebutuhan yang menemukan adanya 25 kebutuhan fungsional sistem. Selanjutnya dilakukan perancangan dengan Model View Controller (MVC) dan database MySQL yang diimplementasikan menggunakan bahasa Swift. Tahap pengujian dilakukan dengan metode uji white and black box. Pengujian white box dilakukan dengan pengujian unit dan integrasi. Sedangkan pengujian black box menggunakan pengujian validasi yang menghasilkan nilai 100% valid untuk semua kasus uji dimana aplikasi yang dibuat telah sesuai dengan hasil analisis dan perancangan sebelumnya, dan pengujian usabilitas yang menghasilkan nilai 80.4 dengan kategori acceptable.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Himmah, F., Pradana, F., & Priyambadha, B. Pengembangan Sistem Marketplace Tempat Aktivitas Edukatif Anak Berbasis Mobile iOS. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 3, no. 6, p. 5496-5505, juli 2019. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/5503>. Tanggal Akses: 23 okt. 2020
Bagian
Artikel