Evaluasi Usability Aplikasi MY JNE Dengan Metode User Experience Questionnaire (UEQ) Dan Heuristic Evaluation

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Reinardus Dimas Bagus Kurniawan Satrio Hadi Wijoyo Niken Hendrakusma Wardani

Abstrak

PT Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) adalah perusahaan jasa pengiriman barang ke berbagai daerah di Indonesia maupun luar negeri. JNE menjadi salah satu pilihan untuk pengiriman barang di e-commerce. Saat ini PT JNE sudah memiliki aplikasi mobile yang berguna untuk tracking barang, cek tarif, serta berbagai fitur lainnya pada aplikasi MY JNE. Berdasarkan observasi dan tanggapan yang terdapat di playstore, ditemukan permasalahan usability pada aplikasi MY JNE pada bahasa yang tidak konsisten dan tampilan pesan error yang sulit dimengerti, hal tersebut berdampak pada pengalaman pengguna yang buruk. Hal yang dapat dilakukan untuk mengurangi persoalan tersebut adalah dengan mengevaluasi usability dan memberikan desain rekomendasi yang baru. Penelitian ini menggabungkan metode UEQ (User Experience Questionnaire) untuk mendapatkan pengalaman pengguna secara kuantitatif dari user dan Heuristic Evaluation untuk mendapatkan penilaian kualitatif dari evaluator. Tahapan pertama yang dilakukan adalah dengan mencari tingkat pengalaman pengguna dari metode UEQ dan selanjutnya dilakukan Heuristic Evaluation untuk menemukan permasalahan yang lebih dalam oleh evaluator. Langkah selanjutnya, menganalisis hasil yang didapat lalu menarik kesimpulan dengan membuat desain perbaikan. Responden yang berpartisipasi dalam penelitian ini sebanyak 30 orang dengan kriteria berdomisili di Malang dan mempunyai akun MY JNE. Hasil pengukuran benchmark UEQ menghasilkan kategori Bad untuk skala Attractiveness, Efficiency, Dependability, Stimulation, dan Novelty. Namun, untuk skala Percpicuity menghasilkan kategori Below Average. Evaluator menemukan 22 permasalahan usability dan memberikan saran perbaikan untuk kedepannya. Konsolidasi telah dilakukan dan dilanjutkan dengan mendesain prototype dari rekomendasi yang diberikan evaluator. Desain prototype yang dibangun didasari oleh 10 prinsip usability Nielsen dan Google Material Design. Hasil pengujian prototype telah menyelesaikan 22 permasalahan usability sebelumnya dan ditemukan satu permasalahan baru dengan nilai severity ratings minor.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Kurniawan, R., Wijoyo, S., & Wardani, N. Evaluasi Usability Aplikasi MY JNE Dengan Metode User Experience Questionnaire (UEQ) Dan Heuristic Evaluation. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 3, no. 6, p. 5583-5591, juli 2019. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/5515>. Tanggal Akses: 28 okt. 2020
Bagian
Artikel