Evaluasi Maturity Level Manajemen Layanan Teknologi Informasi menggunakan Framework ITIL v3 Domain Service Operation pada 24Slides Corporation

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Andra Bayu Febriant Yusi Tyroni Mursityo Aditya Rachmadi

Abstrak

24Slides merupakan perusahaan multinasional dalam bidang digital outsourcing yang melayani redesign presentasi berbentuk powerpoint. Perusahaan ini memiliki layanan teknologi informasi untuk mempermudah operasional perusahaan berbasis internet. Terdapat beberapa alasan untuk mengevaluasi manajemen layanan TI pada 24Slides karena perusahaan tersebut sudah beroperasi selama tujuh tahun dan sudah selayaknya mendapatkan evaluasi. Selain itu, jarak antara kedua kantor yang berbeda benua membuat operasional perusahaan menjadi menarik untuk dievaluasi. Dan yang terakhir adalah karena faktor belum adanya audit yang pernah dilakukan. Penelitian ini menggunakan framework Information Technology Infrastructure Library (ITIL) V3 domain service operation untuk mengukur maturity level, analisis kesenjangan, dan merumuskan rekomendasi untuk perbaikan 24Slides. Kuesioner yang digunakan adalah berbasis Universities and Colleges Information Systems Association (UCISA). Kesimpulan yang didapat pada penelitian ini adalah skor rata-rata maturity level yang bernilai 2,6 dan masuk dalam kategori repeatable dengan kesenjangan sebesar 0,8. Nilai maturity level 2,6 bisa diartikan sebagai aktivitas dan proses dasar yang ada di perusahaan 24Slides telah dilakukan dengan level disiplin yang dianut. Dan nilai kesenjangan 0,8 berarti bahwa ekspektasi 24Slides lebih besar daripada yang dijalankan saat ini. Dari indikator yang belum maksimal dan diskusi dengan responden, bisa dijadikan temuan untuk merumuskan rekomendasi. Rekomendasi yang dianjurkan adalah berfokus pada menjalankan keseluruhan proses dasar dan melakukan dokumentasi serta standardisasi agar bisa mencapai level 3 yaitu level defined.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Febriant, A., Mursityo, Y., & Rachmadi, A. Evaluasi Maturity Level Manajemen Layanan Teknologi Informasi menggunakan Framework ITIL v3 Domain Service Operation pada 24Slides Corporation. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 3, no. 6, p. 5608-5615, juli 2019. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/5523>. Tanggal Akses: 28 okt. 2020
Bagian
Artikel