Analisis Sentimen Opini Mahasiswa Terhadap Saran Evaluasi Kinerja Dosen Menggunakan TF-IDF dan Support Vector Machine.

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Achmad Firmansyah Sulaeman Ahmad Afif Supianto Fitra Abdurrachman Bachtiar

Abstrak

Dosen khsususnya di perguruan tinggi senantiasa harus meningkatkan pengetahuan dan cara mengajar yang efektif dan efisien guna dapat dapat di terima dengan baik oleh mahasiswa. Evaluasi kualitas pengajaran dan standarisasi akademik perlu di lakukan sehingga tujuan dari pengajaran dapat tercapai. Universitas Brawijaya Malang khususnya Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM), menerapkan adanya pengisian kuesioner online untuk penilaian kinerja dosen pada setiap pergantian semester.Saat ini data opini yang dimiliki Tim UJM Jurusan Sistem Informasi masih belum diolah dengan menggunakan teknologi pengklasifikasian analisis data yang dapat memberikan informasi mengenai perspektif mahasiswa dalam pengajaran dosen. Analisis sentimen dengan menggunakan metode Support Vector Machine dengan menggabungkan Term Frequency Inverse Document Frequency sebagai pembobotan kata dilakukan untuk melihat perspektif dari opini mahasiswa terhadap kinerja dosen. Penelitian ini menggunakan data bahasa Indonesia pada komentar mahasiswa dalam 3 semester di tahun 2017 dan 2018. Pengujian terhadap klasifikasi mendapatkan hasil rata – rata Accuracy sebesar 82%. Visualisasi Dashborad menjadi keluaran dari penelitian ini berdasarkan hasil klasifikasi dengan menampilkan 3 halaman analisis sentiment evaluasi kinerja dosen pada semester yang berbeda. Uji Usability dengan System Usability Scale menghasilkan rata – rata sebesar 70 yang berarti Tim UJM Jurusan Sistem Informasi menerima dengan baik visualisasi Dashboard.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Sulaeman, A., Supianto, A., & Bachtiar, F. Analisis Sentimen Opini Mahasiswa Terhadap Saran Evaluasi Kinerja Dosen Menggunakan TF-IDF dan Support Vector Machine.. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 3, no. 6, p. 5647-5655, juli 2019. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/5524>. Tanggal Akses: 28 okt. 2020
Bagian
Artikel