Pengembangan Sistem Informasi Tracer Study Alumni Berbasis Web Menggunakan Metode RUP (Studi Kasus : SMA Suluh Jakarta Selatan)

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Mega Isma Juwita Satrio Agung Wicaksono Nanang Yudi Setiawan

Abstrak

Hasil pembelajaran yang diterima oleh lulusan sekolah menengah atas akan mempengaruhi pola pikir alumni saat menempuh pendidikan di universitas, berdasarkan hal tersebut dibutuhkan evaluasi pembelajaran yang sedang berlangsung. SMA Suluh merupakan sekolah menengah atas swasta di Jakarta yang saat ini memiliki masalah dalam hal mengelola data alumninya. Guru BK selaku penanggung jawab data alumni tidak dapat melacak keberadaan alumni secara menyeluruh, sehingga proses menghubungi alumni untuk hadir pada kegiatan di SMA Suluh tidak efektif karena kurangnya informasi alumni. Maka dari itu, perlu dikembangkan sistem informasi tracer study alumni yang membantu guru BK dalam mengatasi permasalahan tersebut. Sistem tersebut merupakan sistem informasi berbasis website yang dikembangkan menggunakan metode RUP, dengan persentase hasil pengujian user acceptance testing dari tahap transition adalah 91.4%, sehingga dapat disimpulkan bahwa sistem informasi tracer study alumni yang dikembangkan dapat diterima oleh pengguna.


Kata kunci: sistem informasi tracer study alumni, RUP, User Acceptance Testing, website

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Juwita, M., Wicaksono, S., & Setiawan, N. Pengembangan Sistem Informasi Tracer Study Alumni Berbasis Web Menggunakan Metode RUP (Studi Kasus : SMA Suluh Jakarta Selatan). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 3, no. 6, p. 5703-5710, juli 2019. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/5548>. Tanggal Akses: 23 okt. 2020
Bagian
Artikel