Evaluasi Proses Bisnis Divisi Material Requirement Planning (MRP) Menggunakan Metode Quality Evaluation Framework (QEF) dan Root Cause Analysis (RCA) (Studi Pada PT. Xacti Indonesia)

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Dorothy Gabriel Sihombing Yusi Tyroni Mursityo Nanang Yudi Setiawan

Abstrak

Kemajuan kamera digital saat ini mampu menarik minat masyarakat dari berbagai kalangan untuk membelinya. Sebagai salah satu perusahaan yang memproduksi kamera digital, PT. Xacti Indonesia perlu mengembangkan proses bisnis yang berjalan pada perusahaan secara efektif dan efisien. Penelitian ini berfokus pada evaluasi proses bisnis divisi Material Requirement Planning (MRP). Proses bisnis yang berjalan saat ini pada divisi MRP mengalami beberapa masalah, di mana saat meng-update jumlah stock material ke sistem harus memakan waktu yang lebih lama dari yang direncanakan dan dalam waktu satu minggu masih terjadi 3 sampai 4 kali kegagalan pada sistem yang mengakibatkan sebagian data material yang di-update oleh operator MRP tidak tersimpan oleh sistem. Melalui penelitian ini, penulis melakukan evaluasi proses bisnis menggunakan metode Quality Evaluation Framework (QEF) dan Root Cause Analysis (RCA). Metode QEF mampu menggabungkan berbagai kebutuhan yang berhubungan dengan faktor kualitas (quality factor) dan membantu evaluasi proses bisnis secara objektif, kuantitatif, dan berdasarkan fakta. Dan, metode RCA digunakan untuk menganalisis akar penyebab permasalahan yang terjadi pada proses bisnis divisi MRP. Hasil evaluasi proses bisnis divisi MRP menggunakan QEF ditemukan Q12 (Failure Frequency) dan Q13 (Time Efficiency) yang tidak sesuai dengan perencanaan, kemudian hasil analisis akar penyebab keduanya menggunakan RCA dengan tools 5 Why(s) Analysis.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Sihombing, D., Mursityo, Y., & Setiawan, N. Evaluasi Proses Bisnis Divisi Material Requirement Planning (MRP) Menggunakan Metode Quality Evaluation Framework (QEF) dan Root Cause Analysis (RCA) (Studi Pada PT. Xacti Indonesia). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 3, no. 6, p. 5711-5720, juli 2019. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/5549>. Tanggal Akses: 23 okt. 2020
Bagian
Artikel