Pengukuran Kualitas Layanan Website Akademik Universitas Sriwijaya Kota Palembang Menggunakan Metode Webqual 4.0 dan Importance Performance Analysis (IPA)

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Muhammad Fauzan Ahnaf Hanifah Muslimah Az-Zahra Widhy Hayuhardhika Nugraha Putra

Abstrak

Salah satu perguruan tinggi yang ada di Kota Palembang Universitas Sriwijaya menggunakan sistem informasi berbasis web demi proses akademik mahasiswa. Aplikasinya direalisasikan ke dalam media web yang lebih dikenal akademik Unsri. Tetapi kualitas layanan dari website perguruan tinggi terkadang tidak mampu sesuai dengan harapan pengguna, untuk menjaga dan juga upaya peningkatan dari kualitas layanan, suatu website harus mendapatkan perhatian yang khusus. Sehingga kualitas dari instansi yang dinilai jadi lebih bagus. Oleh karena itu meningkatkan kualitas pada layanan website adalah satu cara yang harus dilakukan secara bertahap. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui nilai kualitas layanan website akademik Unsri dilihat presepsi konsumen menggunakan Webqual 4.0, mengetahui pengaruh variabel kegunaan website, kualitas informasi, kualitas layanan informasi dan mengetahui pengelompokan kuadran Importance Performance Analysis (IPA) pada tiap indikator webqual. Penilitian ini menggunakan Teknik pengumpulan data menggunakan penyebaran kuesioner dengan jumlah sampel sebanyak 117 responden. Temuan dari menganalisis kuadran IPA diketahui adanya lima atribut yang jadi prioritas utama untuk dilakukannya perbaikan antara lain, tampilan yang atraktif, adanya tambahan pengetahuan dari informasi website, menyediakan informasi yang up to date, menyediakan informasi yang cukup detail, dan pengguna merasa aman terhadap informasi pribadinya. Kemudian terdapat lima atribut yang terdapat pada prioritas rendah untuk perbaikannya, yaitu kemudahan untuk navigasi, tepat dalam penyusunan tata letak informasi, pengguna merasa aman untuk melakukan transaksi, website memberi ruang untuk personalisasi, dan website memberikan kemudahan untuk berkomunikasi dengan organisasi. Atribut yang lain tidak memiliki prioritas perbaikan.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Cara Sitasi
Ahnaf, M., Az-Zahra, H., & Putra, W. Pengukuran Kualitas Layanan Website Akademik Universitas Sriwijaya Kota Palembang Menggunakan Metode Webqual 4.0 dan Importance Performance Analysis (IPA). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 3, no. 6, p. 5817-5824, juli 2019. ISSN 2548-964X. Tersedia pada: <http://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/5567>. Tanggal Akses: 23 okt. 2020
Bagian
Artikel